Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Foto bersama: petugas upacara Hari Lahir Pancasila foto bersama usai upaca

 

Surabaya- Upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memberikan kesan yang berbeda lantaran dalam upacara tersebut ditandai dengan aksi-aksi teatrikal persembahan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Geo dan aksi tanda tangan sebagai simbol anti korupsi dari mahasiswa Diploma III Kebidanan. Jumat, (1/6)

 

Selain itu, peserta upacara juga memakai pakaian adat daerah masing-masing seperti pakaian adat Jawa dan juga Manggarai yang menandakan bahwa Unipa adalah kampus yang multikultur. Upaya yang dilakukan mahasiswa ini mendapat sambutan yang positif dari Drs. Djoko Adi Walujo, ST., MM., DBA Rektor Unipa.

 

Di lapangan Kader Bangsa, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini diikuti oleh seluruh civitas akademika Unipa Surabaya. Ahmad Fauzi salah satu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) mengatakan upacara yang rutin digelar setiap tahun ini  memiliki tujuan untuk mengajak mahasiswa Unipa khususnya untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila kembali, jadi momen ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menjadi seorang yang pancasilais.

 

 

Ia juga mengungkapkan bahwa seluruhnya tanpa terkecuali untuk peduli dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dan berpengang teguh pada pancasila.

 

"Tahun ini mengangkat tema "Kami Pancasila, Bersatu, Berbagi, dan  Berprestasi" artinya kami mengakui bahwa pancasila sebagai jati diri negara Indonesia dan mengajak semua bersatu untuk berbagi dan berprestasi  demi negara Indonesia,"terang mahasiswa angkatan 2014 ini.

 

Menurutnya sudah menjadi kewajiban generasi penerus bangsa untuk menghargai Pancasila oleh karenanya ini menjadi tugas dan kewajiban seluruh elemen bangsa ini agar tetap memegang teguh ideologi bangsa.

 

Sementara itu, Febri Kotu mahasiswa Kebidanan asal Maluku Utara ini menegaskan aksi tanda tangan di atas kain putih yang dilakukan bersama dengan kawan-kawannya sebagai bentuk kepeduliannya kepada negara ini. Pihaknya menegaskan korupsi tidak hanya menggelapkan uang negara yang triliunan rupiah saja tetapi korupsi kecil juga masih sering dilakukan mahasiswa seperti korupsi waktu, korupsi tugas, dan korupsi lainnya walaupun dalam kadar kecil hal itu harus diberantas.  

 


  • Akademik
  • Humas