Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

PEDULI BUDAYA: Mahasiswa asal manggarai menampilkan tari caci atau tari perang dalam rangka dies natalis ke 47 tahun.

 

Surabaya- Upacara peringatan Dies Natalis ke-47 tahun Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya, yang jatuh pada tanggal 20 Mei  berlangsung dengan semarak dengan berbagai pertunjukan tari tradisional khas masyarakat Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang langsung dimainkan oleh mahasiswa Unipa asal Manggarai sekaligus  launching robot karya mahasiswa Fakultas Teknik.

 

Ada tiga tarian yang ditampilkan para mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Manggarai (IMM) Unipa, yakni tari dududangke yang dimainkan penari perempuan, tari caci (tarian perang) diperankan oleh Laki-laki, dan tari menyambut tamu (cibak). Menurut Savio Ketua IMM untuk penampilan ini membutuhkan perlengkapan yang tidak sedikit, seperti selendang, alat penangkis, asesoris kepala, gendang, dan asesoris lainnya.

 

"Sayangnya, semua peralatan ini tidak mudah didapat, untuk mensukseskan penampilan pada Dies Natalis kali ini langsung kami datangkan dari Kota Apel Malang,"ungkapnya. Namun, apa yang sudah dilakukan kawan-kawan dari Manggarai hari ini adalah bentuk kebanggan dan upaya melestarikan budaya daerah,"ungkap Savio.

 

 

Di lapangan semangat Pagi, juga dipameran sembilan robot karya mahasiswa Fakultas Teknik. Antara lain, robot obstacle avoiding atau robot pencari jalan keluar dengan menggunakan sensor ultrasonik, 3D Printer robot yang mampu mencetak produk ukuran 16X12X11 cm, robot line follower merupakan robot yang serba bisa yang digerakkan dengan sensor ultrasonik untuk mendeteksi jarak, panas, dan perintah remote, robot lengan sebagai alat penyemprot body mobil maupun seleksi produk, robot lego Ev3 mindstroms education sebagai bahan edukasi simulasi kerja robot, dsb.

 

Sementara itu, terkait Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) Drs. Djoko Adi Walujo, ST., MM., DBA berpesan bahwa sekarang kita memasuki era revolusi industri 4.0 maka kita dintuntut memiliki kemampuan untuk menyaring berbagai sumber-sumber informasi. Sebuah berita harus jauh dari sifat untuk memecahbelah bangsa. Karena bangsa yang memiliki 17 Ribu Kepulauan ini hanyalah memiliki satu keinginan yakni bersatu. Tentunya, bangsa ini harus dijaga kesatuannya.

 

 

"Nah, pada upacara kali ini benar-benar kita tekankan jiwa kesatuan dan kami juga mengajak kawan-kawan dari Manggarai untuk tampil dan mengenalkan budaya mereka kebetulan jumlah mereka cukup banyak di Unipa,"terangnya. Menurutnya, sebelum ini juga pernah diadakan demo masak dengan batu.

 

"Yang ditekankan pada dies natalis kali ini adalah tetap menjaga kebersamaan, karena dengan kebersamaan semua partikel-partikel yang ada disatukan untuk mencapai goal manajement,"ungkap Djoko.

 

 

 


  • Akademik
  • Humas