Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

NARASUMBER: Prof Dr Ir Daniel M Rasyid dari ITS sedang memberi paparan materi di Gedng Soelaiman Joesoef

 

Surabaya- Lembaga Pemerdayaan Intelektual dan Kajian-Kajian (LPIK), Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar seminar umum yang bertajuk "Industrialisasi Ala Budaya Indonesia" di Gedung Soelaeman Joesoef Kampus II Unipa Dukuh Menganggal Surabaya, Selasa (8/5).

 

Seminar yang diikuti ratusan peserta dari dalam dan luar Unipa ini menghadirkan enam narasumber diantaranya satu dari Institut Teknologi 10 Nopember dan lima dari Unipa Surabaya. Mereka antara lain Prof Dr Ir Daniel M Rasyid dari ITS, Prof Dr Gempur Santoso M Kes selaku Kepala LPIK, Drs Djoko Adi Walujo ST MM DBA selaku Rektor Unipa, Drs Triman Juniarso MPd, Rhenny Rahmawati ST MT dan Dr Dra Sukarjati M Kes selaku dosen Unipa.

 

Menurut Gempur Kepala LPIK seminar ini dilatarbelakangi oleh jumlah manusia yang semakin bertambah yang mengakibatkan jumlah kebutuhan meningkat, seperti papan, sandang,tempat tinggal, komunikasi, dan transportasi. Ia mengatakan, kebutuhan ini tidak lagi bisa dipenuhi secara manual melainkan secara industrialisasi atau masal.

 

"Industrialisasi yang diawali dari revolusi industri mengakibatkan pelipatgandaan modal yang menyebabkan adanya paham kapitalisme,"terang Gempur. Ia menegaskan bahwa kapitalisme berkiblat pada keserakahan.

 

Di dalam sistem pendidikan nasional dan dasar negara pancasila bertujuan menjadikan manusia yang beraklak, berbudi pekerti luhur, bermoral, dan berkarakter positif oleh karena itu bagaimana membuat industrialisasi ini sesuai dengan budaya Indonesia yang tetap mengedepankan manusia menjadi manusia bukan menjadi robot yang bernyawa atau alat produksi yang tidak mengangkat derajat manusia sehingga menjadikan manusia serakah.

 

Ada beberapa materi yang dibahas dalam seminar ini, yakni  bagaimana membentuk masyarakat di era industrialisasi. Bagaimana peranan perguruan tinggi membentuk SDM. Bagaimana menciptakan reproduksi manusia yang berkualitas. Bagaimana membuat suatu sistem di era industrialisasi.

 

Menurut Gempur yang sekaligus dosen Fakultas Teknik Unipa, target yang diharapkan dari seminar ini adalah dapat membentuk kesadaran masyarakat serta menjadikan hasil dari seminar ini menjadi sebuah buku yang didedikasikan untuk masyarakat.

 

Gempur menegaskan bahwasanya kita tidak bisa lepas dari industrialisasi. Akan tetapi perkembangan ini tidak boleh sampai kelewat batas dan harus digunakan sebagai media untuk memudahkan hidup manusia bukan sebaliknya.  

 

BERI PAPARAN: Dr Dra Sukarjati M Kes  dosen Unipa menyampaikan materi proses reproduksi kepada peserta

 


  • Akademik
  • Humas