Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

PAPARAN MATERI:  Prof.  Dr.  Sunardi,  M. Pd Guru Besar Universitas Negeri Jember saat memaparkan materi tentang pembelaran matematika di era eksponensial

 

Surabaya- Seminar Nasional Pendidikan Matematika kembali diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. Acara yang bertajuk "Memantapkan Karakter PAGI Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Eksponensial" ini diikuti sebanyak 323 peserta dari dalam dan luar Unipa Surabaya. Sabtu, (5/5).

 

Alifah Nur Aini Ketua Pelaksana acara mengatakan,  seminar ini salah satu tugas dari mata kuliah Seminar Nasional 2 sks yang diampu oleh Dr.  Sunyoto Hadi Prayitno,  ST.,  M. Pd,  Nur Fathonah,  S. Pd.,  M. Pd,  dan Restu Ria Wantika,  S. Pd.,  M. Si. 

 

Dalam acara ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidang Matematika. Tiga narasumber yang dihadirkan tersebut, antara lain Prof.  Dr.  Sunardi,  M. Pd Guru Besar Universitas Negeri Jember,  Dra.  Dyah Sriwilujeng,  M. Pd Widyasuara Utama Peningkatan Kompetensi Guru pada PPPPTK,  dan Drs.  Asep Jihad,  M. Pd Konsultan Perencanaan Pendidikan Kemendikbud Jakarta.

 

Menurut Aini, guru dan calon guru Matematika khusunya harus mampu menghadapi era eksponensial sehingga mampu berinovasi dalam pembelajaran matematika dan dapat memantapkan dan menanamkan karakter PAGI (Peduli,  Amanah,  Gigih,  dan Inovatif) pada siswa mengingat sekarang sudah beredar aplikasi yang memudahkan mencari jawaban dengan cara memfoto soal saja. 

 

Di Gedung Soelaiman Joesoef,  para peserta sangat antusias dengan pemaparan materi yang disampaikan narasumber. Hal itu,  terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan seputar pengajaran matematika di era eksponensial oleh para peserta. 

 

"Ada 115 makalah dan 190 pemakalah yang masuk ke kelas paralel,"terangnya.  Selain itu,  hasil dari makalah ini akan dicetak menjadi proceding. 

 

"Banyak hal yang bisa diambil dari paparan tiga narasumber,"kata mahasiswa semester delapan ini. Diantaranya menambah wawasan mengenai karakter yang dapat diasah dari pembelajaran matematika,  sehingga matematika tidak monoton pada metode konvensional saja tetapi bisa menyelipkan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika itu sendiri,"tambahnya.  

 

Dia juga berharap acara ini bisa terselenggara rutin setiap tahun dengan memgusung tema-tema yang sedang berkembang di eranya serta bisa mendatangkan peserta lebih besar lagi. 

 

CINDERAMATA: Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd memberikan cinderamata kepada narasumber


  • Akademik
  • Humas