Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya-Dalam rangka meramaikan Dies Natalis Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya ke 47 tahun,  Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menggelar panggung Ekspresi Budaya Nusantara (EBN) IX di Gelora Hasta Brata Adi Buana. Jumat, (4/5).

 

Istimewanya, dalam EBN ini seluruh orangtua mahasiswa angkatan baru tahun ajaran 2017/2018 hadir untuk menyaksikan langsung aksi panggung  putra-putrinya.  

 

Acara yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan persembahan mahasiswa angkatan baru kepada orangtua bahwa selama menjalani kuliah di Unipa telah ditempa berbagai kegiatan yang membangun soft skill mereka. "Di panggung EBN seluruh ektrakurikuler PGSD dipentaskan, seperti tari,  drama, band, kulintang,  karawitan,  paduan suara,  marching band,  dan banjari.  Sementara, futsal, voli,  dan basket tidak tampil karena spacenya tidak memungkinkan untuk main,"terang Jayanti Putri Ketua Pelaksana EBN IX. 

 

"EBN ke IX kali ini mengusung tema  "Estetika Wastra Jayanesa" artinya warisan nusantara yang bernilai murni merupakan suatu kehormatan Indonesia untuk membuktikan pada dunia walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Yang melambangkan mahasiswa PGSD sendiri," terang mahasiswa yang sedang menempuh semester enam ini. 

 

Menurut perempuan yang akrab disapa Jaypu ini, EBN merupakan serangkaian dari acara FORCE (Festival Olahraga, Cerdas Cermat, dan Seni yang diadakan sebelumnya.

 

Menurutnya,  di tahun tahun sebelumnya EBN tertutup hanya untuk prodi PGSD saja, namun tahun ini terbuka untuk umum. Selain itu, ada kombinasi penampilan antarekstra,  seperti karawitan dan banjari,  padus dan kulintang, padus dan band,  tari dan teater,  serta lainnya.  

 

Ketua Program Studi PGSD Drs. Bahauddin Azmi,  M. Pd bersyukur EBN IX bisa digelar dengan sukses. "Kegiatan ini merupakan  pengembangan diri mahasiswa PGSD yang dimulai sejak sembilan tahun yang lalu dan terus dikembangkan setiap tahunnya yang tujuannya untuk menumbuhkan rasa bangga pada warisan budaya nusantara. 

 

Dalam kesempatan ini, Rektor Unipa Drs. Djoko Adi Waludjo,  ST.,  MM.,  DBA, hadir sebagai tamu istimewa yang sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya, Djoko mengatakan sangat bangga khususnya mahasiswa PGSD mereka sangat santun.  Dia juga berharap PGSD Adi Buana bisa menjadi prodi terbaik di negeri ini melihat guru SD adalah ujung tombak. 

 

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat Unipa, antara lain Drs. Pungut Asmoro, ST., MT Wakil Rektor III Dr. Suhari,  M. Si Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Wadek III Dr. Ujang Rohman,  M.Kes, Dosen Prodi PGSD serta dosen dari STKIP Sidoarjo.

 

"Panggung seni PGSD sebagai wadah mahasiswa agar tidak hanya memiliki kompetensi hard skill tetapi juga soft skill sesuai dengan motto PGSD yakni Kompeten,  Unggul,  dan Berkarakter. 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas