Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

CINDERAMATA: Pemberian cinderamata kepada Wisda Mulyasari, S. ST.,  M. T seorang Akademisi dan Praktisi K3

 

Surabaya- Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) penting bagi legalitas, moral, dan finansial sebuah lembaga atau perusahaan. Hal ini juga didasari oleh Undang Undang No 1 tahun 1970 dan No. 23 tahun 1992 tentang K3.

 

Oleh karena itu, Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menyelenggarakan Seminar Umum K3 yang bertajuk "Upaya Mencapai Cita-cita Nasional, Peluang,  serta Tantangan dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja" untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang  pentingnya kesehatan dan keselamatan di dunia kerja. 

 

Di gedung Sardjijo, seminar umum ini  menghadirkan Wisda Mulyasari, S. ST.,  M. T seorang Akademisi dan Praktisi K3 dan Prof. Dr. H. Gempur Santoso, M. Kes Guru Besar Teknik Industri Unipa Surabaya. Peserta tumpah ruah memadati ruang seminar ini. Mereka mahasiswa dari Fakultas Teknik Unipa dan luar Unipa Surabaya.   

 

Menurut Wisda salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menanamkan persepsi untuk menciptakan iklim keamanan atau savety. Yang menyebabkan kecelakan harus dihindari dengan cara menerapkan teori yang benar dalam melakukan pekerjaan. "Selain itu, kesadaran dari setiap individu menjadi salah satu faktor utama tentunya,"tambahnya.  

 

Untuk K3 sendiri, dapat diwujudkan dengan adanya kerja sama dari semua pihak. Hal ini, demi menjaga dan mengantisipasi berbagai kemungkinan. Menurut Wisda penting adanya sosialisasi secara berkelanjutan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan dan sakit saat bekerja.

 

Berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan jumlah kasus kecelakaan kerja saat ini terus menurun. Pada 2015 terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus, sedangkan 2016 sejumlah 105.182 kasus. Sedangkan hingga Agustus tahun 2017 terdapat sebanyak 80.392 kasus.

 

Sebagai fakultas yang fokus di bidang Industri dan teknik mesin, Fakultas Teknik Industri mengupayakan untuk memberikan pemahaman K3 kepada mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Selain memberikan pemahaman teori dan praktik yang sesuai standar.

 

 

  

 


  • Akademik
  • Humas