Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

KOMPETISI: para peserta sedang berkompetisi dalam cerdas cermat 

 

Surabaya- Guna memunculkan generasi baru dalam bidang biologi, Himpunan Mahasiswa Bio Placenta  Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya mengadakan Biology Creatif Competition (BIOTIC) untuk siswa jenjang SMA/MA sederajat se-Jawa Timur untuk perebutan piala rektor.  Minggu,  (22/4).

 

"Ini BIOTIC yang ke-6 sejak tahun 2012, "kata Ferry Pramana Ardiansyah Ketua Pelaksana Acara. Ia mengungkapkan, bahwa di tahun 2018 ini kompetisi BIOTIC mulai merambah ke rayon-rayon di Jawa Timur dan bekerjasama dengan beberapa sekolah tingkat SMA dan perguruan tinggi dalam masa penyisihan.  Ada 3 sekolah SMA yakni SMAN 1 Kediri,  SMAN 1 Mojokerto, dan  SMA Maz'roatul Ulum Paciran Lamongan. Sementara untuk perguruan tinggi, Hima Bio Placenta Unipa Surabaya menggandeng Universitas Muhammadiyah Jember dan Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang. 

 

Kompetisi ini dimulai dengan penyisihan di 6 (enam) Rayon, antara lain Jember,  Kediri,  Malang,  Lamongan,  Mojokerto,  dan Surabaya yang dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 15 April lalu. "Dari setiap rayon diambil 20 persen supaya merata tetapi tetap dilihat dari nilai tertinggi, bagi yang lolos di babak penyisihan otomatis berangkat ke Surabaya buat mengikuti semi final dan final," terang pria yang akrab disapa Ferry tersebut. 

 

 

Ferry mengatakan,  di gedung Sardjidjo Unipa Dukuh Menanggal Surabaya, sejumlah 50 tim dari 6 rayon bersaing di babak semi final, peserta mengerjakan tes tulis sebanyak 100 butir soal, kemudian diambil 20 tim terbaik yang juga harus menyelesaikan 50 butir soal pilihan ganda. "Nah, dari 20 tim tersebut diambil 3 terbaik yang masuk di babak final dengan tes lain yakni cerdas cermat, "terangnya.  

 

Dalam BIOTIC ke 6 ini diambil juara I, II, III dan juara harapan I.  Para pemenang  mendapatkan uang pembinaan,  tropy,  marchendise, dan piagam penghargaan. Ferry berharap tahun depan sasarannya lebih luas lagi dan bisa mengadakan kompetisi se Jawa-Bali. "Sejauh ini langkah yang kami lakukan terus menjalin kerja sama dengan universitas dan sekolah-sekolah yang ada di sana,"terangnya. 

 

SANG JUARA: Juara 1, II, dan III kompetisi biologi

 

 

 


  • Akademik
  • Humas