Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

PAPARKAN MATERI: Prita Ayu Kusumawardhany saat memaparkan materi di Gedung Soelaiman Joesoef.

 

Surabaya- Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya ingin terapkan strategi green marketing untuk memenangkan persaingan di era globalisasi. Strategi ini untuk menanggulangi sampah plastik yang semakin merajalela. 

 

Dalam kuliah umum yang digelar di Gedung Soelaiman Joesoef,  Prodi Manajemen Unipa menghadirkan Prita Ayu Kusumawardhany, SE.,  MM seorang spesialis di bidang marketing dan Owner Sehelai Batik Surabaya. Minggu,  (15/4).

 

Menurutnya, untuk menerapkan green marketing untuk mengolah limbah sampah plastik memerlukan teknologi tepat guna untuk memberikan nilai tambah pada produk, selain itu supaya ramah terhadap lingkungan. 

 

Prita menegaskan, setiap orang harus peduli dengan lingkungan salah satunya dengan mengolah limbah sampah ini. "Apabila diterapkan dengan benar ini bisa menjadi ide peluang usaha yang mendatangkan keuntungan,"tandasnya. 

 

Ia menghimbau kepada mahasiswa prodi manajemen untuk menerapkan green entrepreneurship karena memiliki efek positif bersih pada lingkungan alam dan finansial berkelanjutan atau green consultan yakni sebagai konsultan lingkungan. "Ini ide bisnis yang sangat bagus, "tambahnya. 

 

Ahmad Khoiruman Al Faizi Ketua Pelaksana acara ini mengatakan,  strategi green marketing ini meliputi green products (produk ramah lingkungan),  green packaging (kemasan yang mengurangi kerusakan lingkungan),  green prices ( harga),  dan green communication (komunikasi publik). 

 

"Green marketing intinya back to nature artinya limbah yang dihasilkan tidak merusak lingkungan berikut hasil produknya,"terangnya. 

 

Ia menambahkan bahwa sejauh ini upaya yang telah dilakukan adalah memilah sampah organik dan non organik serta bekerja sama dengan mitra usaha kerajinan tangan untuk pengolahannya. "Hasilnya, cukup mencengangkan dari limbah sampah bisa menjadi produk baru yang memiliki harga yang kadang sangat fantastis,"katanya. 

 

Hal ini dibenarkan oleh Bintang Bagus Firmansyah Ketua Hima Manajemen bahwasanya banyak hal yang sudah dilakukan untuk menyuarakan peduli lingkungan ini diantaranya melalui poster -poster dan pengabdian masyarakat. Ia pun berharap bisa menerapkan strategi green marketing secara benar dan lebih banyak mitra usaha yang mengarah pada green marketing. (*)

 

 

 


  • Akademik
  • Humas