Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

NARASUMBER: Dr. Ghozali saat memberikan materi di Gedung Soelaiman Joesoef Unipa Surabaya

 

Surabaya- Kunjungan yang dilakukan Institut Pendidikan Guru Kampus Bahasa Antarbangsa (IPGKBA) , Malaysia pada akhir bulan lalu merupakan sebuah kehormatan bagi Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. Hal tersebut menunjukkan kampus yang memiliki slogan Semangat PAGI ini makin dilirik kampus-kampus asing.

 

Dua delegasi dari IPGKBA Dr. Mohd Ghazali Taib dan Mdm. Ooi Choon Meng memiliki harapan besar untuk bisa menggandeng Unipa Surabaya dalam mengembangkan "Robotika Education" guna mempersiapkan diri hadapi era industrial 4.0.

 

Robotika bertujuan untuk mencetak kader bangsa yang lebih berkualitas dan berkarakter. Dengan mengembangkan ilmu yang berasal dari Amerika Serikat ini akan menjadikan Unipa berbeda dengan yang lain. Keuntungan lainnya, bisa mengembangkan potensi tidak terbatas pada bidang pendidikan saja karena robotika bisa diaplikasikan pada semua bidang ilmu yang ada di dunia.

 

Mengawali kolaborasi yang akan terjalin di antara keduanya, dalam acara yang bertajuk at International Seminar and Workshop on Industrial Revolution 4.0 in Education, Dr. Ghozali dan Mdm. OOi memaparkan gambaran perkembangan pendidikan dari  1.0 hingga sekarang sudah sampai pada 4.0 yang mengharuskan berbicara tentang inovasi.

 

Banyak yang ditawarkan sebagai penggoda di era digital, pada kesempatan ini, Mdm. Ooi mengenalkan tentang "Game Based Learning to Enhance 21st Century Pedagogical Skill" yang sangat melekat pada generasi 'Z'. "Belajar bisa menjadi lebih menyenangkan  salah satunya dengan media 'kahoot' yang bisa diakses melalui internet,"terangnya.

 

Tidak hanya peduli tentang pendidikan tetapi Unipa dan IPGKBA juga sepakat tentang peduli lingkungan. Dr. Ghozali melakukan penanaman pohon mangga di area kampus Unipa sedangkan Mdm. Ooi menjadi ibu asuh sebuah pohon di Unipa Surabaya. Akan tetapi, baik Unipa maupun IPGKBA tidak sabar untuk segera melakukan kolaborasi untuk kembangkan pendidikan.

 

 

"Bangga dan bersyukur,"kata Rektor Unipa Surabaya Drs Djoko Adi Waludjo ST MM DBA. Kami menyambut baik hal ini dan dalam waktu dekan akan ada kunjungan balasan ke IPGKBA. (*)

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas