Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Sambutan: Koordinator Kopertis Wilayah VII Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA membuka aca On-Mipa di Gelora Hastabrata Adi Buana

 

SURABAYA- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Kemahasiswaan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VII menggelar Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA-PT) Seleksi Tahap II Bagi Perguruan Tinggi Wilayah Jawa Timur Tahun 2018. Pada kesempatan ini, pihak penyelenggara bekerja sama dengan Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. Rabu, (21/3).

 

Peserta lomba sebanyak 588 dengan rincian sebagai berikut: 221 orang Prodi Matematika;155 Biologi;119 Kimia; dan 93 dari Fisika. Istimewanya, acara ini dibuka langsung oleh Kopertis Wilayah VII Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA. Nampak Koordinator Kopertis Wilayah VII didampingi oleh Rektor Unipa Surabaya Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA,  Kasi Kreativitas Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Dr. Syahril Chaniago dan Yudi Haryanto.

 

Prof. Suprapto mengatakan, peserta Onmipa tahun 2018 lebih antusias dari pada tahun sebelumnya. Ada 49 perguruan tinggi yang ikut, 7 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 42 dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Menariknya, PTS yang baru berdiri juga turut partisipasi di acara ini.

 

 

Ia menambahkan, dari seleksi tahap II akan diambil 60 perbidang, setelah itu lanjut ke tingkat nasional dan disaring lagi untuk diambil 20 peserta terbaik. Antara lain juara 1 dan II wilayah, peserta terbaik PTS masing-masing wilayah terbaik, juara II dan III USN Pertamina tahun 2017 lalu, dan nilai tertinggi di wilayah.

 

Prof Suprapto menegaskan, tingkat nasional akan digelar di Kota Apel Malang dan akan diambil 20 peserta terbaik yang akan mendapatkan 3 medali emas, 5 perak, 7 perunggu, 5 trobel mention. Dia berharap tidak hanya mahasiswa tetapi dosen juga harus memiliki wawasan yang luas ke depan.

 

Sementara itu, Rektor Unipa Djoko AW mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan positif ini karena dapat menghidupkan atmosfer akademik dan memberikan pengalaman berharga pada mahasiswa terkait kegiatan On-Mipa. Selain itu, Unipa Surabaya juga telah menyediakan ruang untuk mensukseskan kegiatan ini. Menurutnya melalui kegiatan ini bisa menghasilkan generasi yang cemerlang yang mampu menghadapi era industrial 4.0. (*)


  • Akademik
  • Humas