Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Unjuk karya: Nadia dengan karya empat bukunya

 

Surabaya- Setelah berhasil menerbitkan empat bukunya yang berjudul Makanan Hits Anak Gaul, Jelly Fancy Dessert, Korean Food @Home, dan Japanese Food @Home, Nadia Nur Afifah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tata Boga Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya layak dijadikan inspirator bagi para kaum muda khususnya.

Selain hebat menulis buku, perempuan kelahiran Kota Apel Malang ini rupanya gemar mengikuti berbagai kompetisi resep dan memasak. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah prestasi yang telah dikantonginya, antara lain pemenang utama kontes resep yang diadakan Panin Daichilife, juara III oleh-oleh competition IPA championship oleh SIAL Interfood Jakarta, Juara II lomba kreasi makanan dan minuman menggunakan SKM oleh Pergizi Indonesia, Grand Finalis putri kampus Jawa Timur 2016, pemenang utama chefmate chocolate, recipe competition di tahun 2016, pemenang utama Pronas dalam recipe competition 2015, pemenang utama carnation recipe competition 2015, pemenang ketiga lomba memasak Indonesian Fusion Food di Unipa Surabaya, finalis Panasonic cooking competition, dan finalis Tropicana Slim Healthy Cuisine Recipe.

 

"Sebenarnya saya tidak ada background pandai memasak maupun menulis buku,"ucap Nadia sambil tersenyum. Andai waktu itu saya tidak mengikuti arahan dan dorongan saudara sepupu saya Nuruss Saadah hal baik ini tidak akan terjadi, dia benar-benar tutor yang hebat yang mengajari saya benar-benar dari nol hingga keajaiban ini terjadi pada diri saya,"ucapnya dengan bangga.

 

Perempuan yang sedang menempuh semester enam di Unipa Surabaya ini mengaku sejak diterbitkannya beberapa buku dan memenangkan kompetisi, dirinya sering diminta menjadi  bintang tamu di radio maupun televisi sebagai sumber inspirasi anak muda. Karenanya, dirinya harus menjaga perilaku terlebih di media.

 

Nadia mengatakan di dalam bukunya berisi tentang resep dengan tips dan triknya. Dari empat bukunya ada kurang lebih 100 resep yang lagi hits di kalangan anak muda, jadi cocok bagi pemula usaha kuliner ataupun yang ingin mengembangkan usaha kulinernya. "Di sini ada makanan ala-ala cafe yang disukai anak muda, kreasi pudding dan jelly yang cocok untuk goodies dan sweet corner, makanan jepang dan juga korea dengan rasa lidah orang orang Indonesia,"terangnya.

 

Perempuan 21 tahun ini juga memberikan sedikit bocoran bahwa keberhasilannya dalam  menulis juga hasil dari hobinya menggali buku-buku memasak dari luar negeri salah satunya karya Donna Hay, menonton televisi Asian Foot Chanel, melihat instagram, dan web. Ia pun mengatakan saat ini sedang menyelesaikan buku selanjutnya tentang sajian Bento Menu Tradisional Indonesia dan Simply Italian Favourite serta membuat youtube chanel.

 

Ia memberi tips bahwa saat memulai menulis jangan pernah takut gagal dan malu bertanya kepada yang lebih mampu dan khusus buku kuliner hasil foto dan layout itu sangat penting.

 

UNJUK KETERAMPILAN MEMASAK

Nadia sedang menunjukkan kelihaiannya dalam membuat kotak bekal

 

Nadia juga menunjukkan keterampilannya dalam memasak kotak bekal yang sehat, kali ini dia membuat inspirasi bento yang berbentuk cute bear rocket bento. Ia ingin anak-anak suka makan sayur dengan tampilan yang lucu. Di dalam kotak bekal ada rocket kentang yang di dalamnya ada otak-otak ikan yang dipadu sayuran dan buah-buahan. Istimewanya,  tampilan karakter filakuma yang lagi digemari masyarakat dikreasi dalam bentuk bento ditambah dengan buah dan sayuran sebagai warna agar tampilan bekal menjadi lebih menarik. Menurut Nadia kotak ini akan siap kurang dari 45 menit cara membuatnya mudah, murah dan sehat sangat cocok untuk sehari-hari.

 

 

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas