Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Abd. Wahib Camat Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, saat ceremonial penarikan mahasiswa KKN-PPM

 

Sidoarjo- Setelah sebulan bekerja, 1595 mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kecamatan Tulangan, Prambon, dan Gondang mengakhiri kegiatan mereka. Penarikan ribuan mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya ini dilakukan langsung oleh Wakil Rektor I (Warek I) Dr. Hartono M.Si., Warek II Dr. Untung Lasiono, S.E., M.Si., dan Warek III Drs. Pungut Asmoro, S.T., M.T., di tiga Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto pada 1 Maret 2018.

 

Di Kecamatan Tulangan, Prambon, dan Gondang, seremonial pemulangan mahasiswa terkesan istimewa karena dihadiri masyarakat setempat maupun pejabat setempat. Seperti camat, kapolsek, kepala koramil. Acara diisi dengan gelar produk hasil kerja selama kegiatan KKN-PPM di sana. Program pemberdayaan masyarakatnya mengusung tema "Desaku Pintar, Sehat, Aman, Produktif, dan Kreatif". Kegiatannya meliputi pelatihan pembuatan probiotik, pembuatan biogas, toga instan, smothy sayur ( ice cream jamu, dan bumbu instan), APE dari barang bekas, PIRT dan pemasaran online, pengemasan produk, dan bugar desa.

 

Alhamdulillah, 75 persen program yang digagas telah dilaksanakan. Kami berterima kasih pada pak camat, perangkat desa, dan tokoh masyarakat, yang telah memberikan arahan pada mahasiswa sehingga program mereka bisa berjalan lancar,” kata Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unipa Dr. Dra. Sukarjati, M.Kes, lega.

 

 

KKN-PPM tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat setempat. Melainkan juga mahasiswa yang menjalankan, sebab membantu mereka mengembangkan diri dan belajar hidup bermasyarakat. Hal itu diakui Andrian Kartulis, mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) angkatan 2014. “Saya jadi belajar bersosialisasi secara langsung. Bekal dari organisasi yang saya peroleh di Himpunan Mahasiswa (Hima) PKO maupun di Unit Kegiatan kemahasiswaan (UKM) Delphy photografi sangat berguna untuk mengoordinir kegiatan-kegiatan di desa,” terang Andrian.

 

Camat Gondang Ahmad Susilo berharap, para mahasiswa berkomitmen untuk terus memberdayakan masyarakat dengan segala potensi dan ilmu yang dimiliki walaupun kegiatan KKN-PPM telah berakhir. Karena setelah menempuh kegiatan ini sudah dipastikan langkah mereka di kampus tinggal selangkah lagi mencapi lulus dan mengantongi sarjana. "Semoga apa yang telah dipelajari sekarang di KKN-PPM dapat memberikan bekal untuk menentukan langkah di masa depan. (*)

 

 


  • Akademik
  • Humas