Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya- Unit Pelaksana Teknis-Program Pengalaman Lapangan (UPT-PPL) Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar workshop "Pengembangan Perangkat Pembelajaran K-13" di Gedung Soelaiman Joesoef Kampus II Dukuh Menanggal. Selasa, (27/2).

 

Kegiatan yang diikuti sebanyak 72 dosen magang 2 ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi dosen pembimbing magang 2 terkait perkembangan K-13 di sekolah. Dalam hal ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Drs. Ec. Asrofi, MM dihadirkan langsung sebagai narasumber utama di sesi pertama.

 

 

Menurut Asrofi masih ada beberapa sekolah yang menggunakan KTSP bukan K13 dan ini tidak hanya terjadi di Sidoarjo saja. Dia juga menghimbau agar evaluasi dan penilaian yang dilakukan tidak hanya berupa angka tapi bagaimana menanamkan pendidikan karakter dalam kehidupannya seperti tata krama, sikap, dan lain sebagainya. Ia juga mengungkapkan, masih adanya kesenjangan antara pendidikan gratis dan tuntutan dari K13 sendiri dan itu menjadi PR besar yang harus diselesaikan.

 

Sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut, pihak penyelenggara juga mengundang para guru instruktur nasional dari Kab. Sidoarjo, Pasuruan, Madiun, dan Surabaya sebagai narasumber yang mengisi sesi kedua. Ada kurang lebih sebelas instruktur, salah satu diantaranya adalah guru berprestasi di Sidoarjo.

 

Pada kesempatan ini, digunakan sebagai sharing ilmu pengetahuan dan juga wawasan tentang pengembangan perangkat pembelajaran K-13 terbaru dengan para dosen pembimbing magang 2 Unipa. "Sharing pengalaman ini berguna sebagai bekal dalam mempersiapkan mahasiswa untuk magang 2 dan magang 3,"terang Dr. Agung Pramujiono, M.Pd Kepala UPT-PPL Unipa.

 

Agung mengatakan magang akan dilaksanakan mulai 5 Maret sampai 5 Juni mendatang. Dalam magang 2 mahasiswa praktik mengajar di kampus sekaligus proses rekaman sementara magang 3 mahasiswa bakal terjun langsung mengajar di lapangan. "Nah, dari kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para dosen pembimbing magang  bagaimana menerapkan K-13 yang baik dan benar sesuai aturan sekolah. (*)

 

 

 


  • Akademik
  • Humas