Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Lukmanul Hakim saat sidang promosi doktor di Pascasarjana Unesa.

 

SURABAYA- Salah satu dosen Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya kembali mengukir prestasi akademiknya. Lukmanul Hakim dalam desertasinya mengembangkan model pelatihan PAKTIF untuk meningkatkan partisipasi olahraga rekreasi di FORMI Sidoarjo. Ia melihat masih rendahnya tingkat partisipasi aktif masyarakat Sidoarjo dalam olahraga rekreasi ini. Rabu, (31/1) kemarin.

 

Di Gedung K10. Pascasarjana Unesa, dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga Unipa itu mendapat dukungan dari para Pendiri Unipa, teman sejawat, dan tidak ketinggalan FORMI Jatim dan FORMI Kabupaten Sidoarjo yang turut memadati ruang sidang.

 

Menurutnya, penting sekali melakukan olahraga, bahkan pemerintah telah mewajibkan kegiatan ini, seperti yang dicantumkan dalam Undang-undang Republik Indonesia  Sistem Keolahragaan No.3 Tahun 2005 Pasal 24, yang isinya berolahraga kewajiban setiap insan, karena melihat dampak positifnya yang dapat meningkatkan kesehatan, kebugaran, kegembiraan dan produktivitas kerja.

 

Ia mengambil judul Pengembangan Model Pelatihan PAKTIF untuk Meningkatkan Partisipasi Olahraga Rekreasi di FORMI Sidoarjo. Harapannya model yang dirancang ini bisa meningkatkan partisipasi olahraga rekreasi untuk pengurus FORMI, klub, dan komunitas olahraga. Di dalam penelitian ini ia menggunakan metode mixed methods dengan eksplanatoris sekuensial.

 

Dari hasil penelitiannya yang di dapat dari data hasil penilaian terhadap model pelatihan PAKTIF Modul PPLS (Pendidikan, Promosi, Layanan, dan Stakeholder)  dapat digambarkan bahwa hasil uji coba kelompok kecil nilai rata-rata 66,9, kelopok sedang 72,7, dan kelompok besar 79,6 yang dikategorikan ‘Baik’. Sedangkan dari hasil survey tingkat partisipasi olahraga ada peningkatan sebelum dan sesudah pelatihan yaitu 22,34 % menjadi 26,43%. Artinya, ada perubahan signifikan dari pemberian model  pelatihan PAKTIF dengan modul PPLS.

 

Kini, Lukmanul Hakim  berhak menyandang gelar doktor di depan namanya usai berhasil mempertahankan penelitian desertasinya dihadapan para dewan penguji.

 

 

 

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas