Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Memberi Selamat: Rektor Unipa Drs. Djoko Adi Waludjo, ST MM., DBA didampingi Kepala LPPM Unipa Dr. Dra. Sukarjati M.Kes memberikan selamat pada mahasiswa yang akan melakukan KKN-PPM

 

KKN-PPM MAHASISWA UNIPA SURABAYA 

SURABAYA- Desa-desa yang berada di Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto menjadi sasaran para mahasiswa melakukan Kuliah Kerja Nyata - Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Aksi terjun langsung mahasiswa ini ditandai dengan upacara serah terima di tiga kantor kecamatan, yakni Kecamatan Tulangan, Prambon, dan Gondang oleh para pejabat Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. (30/1).

 

Sebelumnya, mahasiswa secara langsung diberangkatkan oleh Rektor Unipa Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA di kampus II Dukuh Menanggal Surabaya yang juga menghimbau agar selalu menjaga nama baik Unipa selama di tempat KKN-PPM.

 

Menurutnya, kegiatan KKN-PPM masih menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa semester akhir, hal itu terbukti dari antusiasme para mahasiswa mengikuti seluruh agenda mulai pembekalan hingga pemberangkatan.

 

Menurut Apri Irianto, M.Pd ketua pelaksana KKN-PPM, di tahun 2018 ini ada 1595 mahasiswa yang tersebar di 38 desa, 22 desa di Kecamatan Tulangan, 8 desa di Kecamatan Prambon, dan 8 desa di Kecamatan Gondang. "Kabar baiknya, desa yang berada di sekitaran Kampus III Adi Buana yang terletak di Kec. Gondang Kalikatir Mojoketo tidak luput dari kegiatan ini,"terangnya.

 

"Alhamdulillah,"ucapnya. Seluruh rangkaian serah terima berlangsung dengan sukses, di Kecamatan Tulangan dilakukan oleh Kepala LPPM Unipa Surabaya Dr. Dra. Sukarjati, M.Kes, di Kecamatan Prambon oleh Wakil Rektor I Dr. Hartono, M.Si, dan di Kecamatan Gondang oleh Wakil Rektor II Dr. Untung Lasiono, SE., M.Si. Dalam serah terima tersebut, dihadiri oleh Camat, Danramil, dan Kapolsek.

 

Mahasiswa selama sebulan akan mengabdikan diri pada masyarakat dengan membawa program-program pemberdayaan, antara lain pembuatan probiotik, pembuatan biogas, toga instan, smothy sayur ( ice cream jamu, dan bumbu instan), APE dari barang bekas, PIRT dan pemasaran online serta pengemasan produk, dan bugar desa. Hal ini semata-mata demi membangun desa yang pintar, sehat, aman, produktif, dan kreatif.  

 

Menurut Andrian Kartulis salah satu peserta KKN-PPM Kecamatan Tulangan dari prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga mengatakan, program-program akan segera dilaksanakan, tentunya usai serah terima ini kami akan melakukan penyesuaian dengan lingkungan yang baru dan koordinasi dengan kepala desa setempat. Menurutnya pada minggu pertama target program pertama sudah harus dilaksanakan.   

 

Serah terima mahasiswa oleh Warek II Dr. Untung Lasiono, SE., M.Si di Kecamatan Gondang

 

Serah terima oleh Wakil Rektor I Dr. Hartono, M.Si di Kecamatan Prambon

 

Serah terima oleh Dr. Dra. Sukarjati, M.Kes di Kecamatan Tulangan