Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Bappeda Provinsi Jawa Timur Menerima  Kunjungan Lapangan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UNIPA Surabaya

 

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Unipa Surabaya  melaksanakan studi lapangan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jatim Jumat (15/12/2017), dalam rangka menunjang kegiatan pembelajaran langsung, khususnya untuk para mahasiswa angkatan 2017.

Kunjungan yang di dampingi oleh Ibu Dosen  Jelita Citrawati Jihan, S.T., M.T., dimaksudkan untuk mempelajari proses Rencana Tata Ruang Wilayah. Peserta adalah mahasiswa Kampus Semangat PAGI Prodi PWK angkatan 2017. Kegiatan semacam ini baik untuk mahasiswa agar dapat melihat secara langsung kegiatan yang dilakukan di lapangan dan pentingnya melakukan penataan wilayah, memberikan pelajaran tentang kajian tata ruang di lapangan.

Diharapkan dari kegiatan ini  mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan diantaranya sambutan, yel-yel Semangat PAGI dari Mahasiswa dan sesi pemaparan tentang Pengenalan Tata Ruang oleh Bapak Angga Ariquint N, S.T.,M.T selaku Staf UPT PR6.

Sambutan oleh Bapak Andrio Himawan, S.H., M.H., selaku Kasi Geospasial menjelaskan tentang gambaran umum Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penataan Ruang dan Geospasial yang kewenangannya berada di Provinsi Jatim.

“Kami sangat senang ada kunjungan dari Prodi PWK Unipa Surabaya. Selamat datang Ibu dan teman-teman. Sebelum menuju galeri kami sampaikan pengenalan dan diskusi Tata Ruang supaya ada gambaran untuk teman-teman tentang persepsi Tata Ruang. Galeri Tata Ruang dan Pertanahan merupakan hadiah Kementrian Agraria dan Tata RuangJakarta, setelah berturut-turut Provinsi Jawa Timur tahun 2013-2014 sebagai terbaik Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah dan sebagai apresiasi Ruang Jawa Timur yang terbaik. Peresmian Galeri Tata Ruang diadakan pada tanggal 9 April 2016 oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Bapak Ferry Mursyidan beserta Bapak Gubernur Jawa Timur. Dalam Galeri Tata Ruang terdapat 3 display, pertama maket 3D beberapa alokasi ruang, kawasan konservasi dan industri, display kedua poster-poster terkait Tata Ruang yang merupakan kewenangan Pusat ada yang belum terupdate karena untuk mengganti harus ada ijin. Ketiga, display multimedia menjelaskan apa itu Tata Ruang dan ada SITR atau Sistem Informasi Tata Ruang. Perkembangan selanjutnya menjadi SITRG Sistem Informasi Tata Ruang dan Geospasial, karena Badan Perencanaan berbasis pemetaan tematik. Kami persilahkan pemaparan, sharing dan diskusi secara aplikatif di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota.” 

Kemudian pada sesi pemaparan tentang Penataan Ruang oleh Bapak Angga Ariquint yang menyampaikan bahwa dia sangat bersyukur dan mengapresiasi kunjungan ke Bappeda Provinsi Jawa Timur. “Dengan kunjungan teman-teman ke instansi Pemerintah, dalam tanda kutip Bappeda Jawa Timur kami bersyukur supaya teman-teman mengetahui yang dilakukan pemerintah sebenarnya ngapain sih? agar merubah paradigma. Kami mencoba lebih inovatif dan kreatif,” ujar beliau sebelum memulai pemaparan dan sesi tanya jawab. Harapan Beliau terus ada kunjungan lapangan untuk transfer knowledgemembuka diskusi belajar bersama dan paradigma menjalankan pemerintahan. (jelita)

 

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas