Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

UPACARA PEMBUKAAN: Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA membuka kompetisi matematika

SURABAYA- Rektor Unipa Surabaya Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA membuka secara resmi Kompetisi Matematika (Komet) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika (Himatika) di Gedung Soelaiman Joesoef Pascasarjana. Minggu, (21/1). Sejumlah pejabat Unipa hadir dalam pembukaan itu, antara lain Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Suhari, SH., M.Si, Kepala LHIHP Drs. Widodo, ST., M.Kom, dan Ketua Program Studi  Pendidikan Matematika Nur Fathonah, M.Pd.

 

Nur Fathonah Kaprodi Matematika mengungkapkan, peminat komet sejak tahun 2003 digelar terus meningkat. Kini, cakupannya lebih luas dari yang sebelumnya hanya Segerbang Kertasusila, sekarang menjadi wilayah Jawa Timur dengan empat rayon penyisihan. Antara lain, Jombang, Madura, Surabaya, dan Lamongan.

 

Kaprodi Matematika itu menambahkan, bahwasanya untuk bobot soal ujian telah ditingkatkan karena biasanya yang ikut olimpiade juga langganan lomba di luar. Pada lomba ini, sistem pendaftaran dilakukan secara online. Tahun ini, diikuti sebanyak 450 peserta mulai jenjang SD s.d. SMA.

 

Menurutnya, Matematika menjadi dasar ilmu lain, kalau sudah bisa berpikir matematis, maka siswa akan mampu berpikir secara logis. Diharapkan juga dengan kompetisi rutin  bisa menciptakan generasi yang hebat di bidang ini. Sementara itu, Teguh Dwi Wijayanto Ketua panitia Komet mengatakan, penyisihan di rayon masih membuka kuota 50 peserta. Rencananya, untuk penyisihan di tiga rayon luar Surabaya menerjunkan 30 orang panitia.

 

"Pelaksanaan semi final dan final kompetisi matematika akan dilaksanakan pada tanggal 28 Januari. Untuk jenis soal semi final ada 30 soal pilihan ganda dan 10 esai, terangnya.


  • Akademik
  • Humas