Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

peserta pelatihan sedang mencoba mengakses aplikasi GeoGebra

 

Surabaya- Suasana aula gedung Abdul Radjab Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya nampak riuh. Para mahasiswa dari Program Studi (prodi) Matematika sedang asik mengikuti pelatihan aplikasi GeoGebra yang diadakan Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika).

 

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Aplikasi GeoGebra ini memiliki tiga jenis, yaitu GeoGebra Graphing Calculator, GeoGebra Geometry, dan GeoGebra Classic. Ketiga jenis tersebut satu per satu diaplikasikan dalam mata kuliah Kalkulus, Geometri, dan Aljabar yang syarat dengan pembuatan grafik.  Melalui aplikasi GeoGebra kesulitan itu bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat.

 

Yudi Armanto Ketua Pelaksana Acara mengatakan bahwa mahasiswa dari Prodi Pendidikan  Matematika khususnya harus menguasai aplikasi ini agar memiliki kemampuan mengajar yang berbasis IT.  Ia berharap setelah menguasainya mahasiswa bisa menerapkan aplikasi ini dalam media pembelajaran, media interaktif, dan bahan ajar.

 

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, yakni Hanim Faizah, S.Si., M.Pd dan Erna Puji Astutik, S.Si., M.Pd., M.Sc  selaku dosen Pendidikan Matematika Unipa Surabaya. Dalam kegiatan ini juga dihadiri Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd selaku Kaprodi Pendidikan Matematika sebagai tamu kehormatan yang sekaligus membuka acara tersebut.

 

Sementara itu, Rahardian Singgih Dwi Irwansah, Ketua Himatika mengungkapkan, jumlah peserta yang mengikuti pelatihan GeoGebra sebanyak 113 peserta dari mahasiswa prodi Matematika Unipa Surabaya sendiri.

 

"Pelatihan ini yang pertama kali di tahun 2017 ini, nantinya akan diadakan lebih rutin lagi,"kata Singgih. Kali ini untuk software yang dikembangkan Markus Hohenwarter dari Austria yang dikenalkan dan dilatihkan kepada mahasiswa. Karena, aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 192 negara termasuk Indonesia untuk membantu menyelesaikan permasalahan matematika terutama bentuk grafik.

 

Menurut Singgih sebagai mahasiswa yang melek dengan perkembangan teknologi,  aplikasi GeoGebra harus dikuasai untuk memberikan variasi dalam pengajaran matematika yang dikenal sulit menjadi lebih praktis. Melalui acara yang bertajuk "Introduction GeoGebra for the Next Generation of Educators" ada harapan besar GeoGebra bisa dimasukkan dalam mata kuliah di prodi Matematika mengingat ini sangat dibutuhkan.

 

Indriyanti, demikian panggilan akrabnya mengatakan untuk bisa masuk di aplikasi Geogebra caranya sangat mudah, bisa dengan mendownload  melalui Play Store, App Store, atau klik www. GeoGebra.org. Saya rasa semua bisa dengan mudah mengaksesnya.


  • Akademik
  • Humas