Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

 

 Studi Ekskursi Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Unipa Surabaya di Kota Blitar

 

Studi Ekskursi merupakan kegiatan rutin setiap tahun bagi mahasiswa semester 3 (tiga) Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya sebagai bagian dari pembelajaran luar kelas sekaligus menjalin konektivitas. Studi Ekskursi (SE) Tahun 2017 ini dilaksanakan di Kota Blitar, beberapa lokasi tujuan di antaranya di 1) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar, 2) Makam Bung Karno, 3) Tempat oleh-oleh O-O’Dabli, 4) Kebun Rojo, dan 5) Istana Gebang.

Studi Ekskursi kali ini mengangkat tema ‘Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Melalui Sektor Wisata di Blitar’ yang diketuai oleh Saudara Benyamin Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Angkatan 2016, salah satu alasan mengapa Kota Blitar menjadi tujuan Studi Ekskursi kali ini, salah satunya karena kota ini memiliki sejarah panjang sebagai salah kota bersejarah yang menyimpan magnet bagi kunjungan wisatawan domestik maupun internasional.

Kegiatan Studi Ekskursi ini dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 21 November 2017. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar merupakan tujuan pertama kegiatan ini, di situ kita mendapatkan banyak materi sebagai bahan kajian kota tersebut, di antaranya yang disampaikan oleh Kepala Dinas bahwa Kota Blitar bukanlah kota besar, Kota Blitar hanyalah kota kecil yang aksesibilitasnya tidak ada akses tujuan utama, namun karena berkat Tuhan Yang Maha Kuasa Kota Blitar pada tahun 1970 Kota ini menjadi tempat pemakaman Sang Founding Father kita Ir. Soekarno sebagai Presiden Pertama Republik Indonesia, sehingga dampaknya sangat dirasakan oleh kota ini salah satunya Kota Blitar Menjadi Tujuan Wisata yang patut diperhitungkan. Selain kawasan Makam Bung Karno, ada sepuluh (10) lagi kawasan wisata yang sedang dikembangkan di Kota Patria tersebut.

Seiring perkembangan zaman, Kota Blitar terus berkembang pesat tentunya dari berbagai sektor, di antaranya sektor ekonomi wilayah kota ini terus meningkat PDRB (Produk Domestik Regional Bruto-nya) karena setiap tahun ada lonjakan pengunjung, dari segi Infrastruktur terus berkembang salah satunya tahun 2017 ini jalan menuju Makam Bung Karno dibangun pedestrian yang mirip jalur pejalan kaki yang ada di Kawasan Malioboro Yogyakarta. Tentunya kajian tersebut merupakan bagian dari aspek dalam perkuliahan Perencanaan Wilayah dan Kota, sebab dalam disiplin keilmuan ini kita harus mengkaji proses perencanaan yang komprehensif dan terstruktur yang tertuang dalam dokumen perencanaan.

Diterima oleh Kepala Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Tri Iman, M.Si.


  • Akademik
  • Humas