Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya - Mengenalkan mahasiswa mengenai Big data di dunia kerja, Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar kuliah tamu dengan tema ‘Peran Statistika Menghadapi Era Big Data Dalam Dunia Kerja’ yang diikuti oleh mahasiswa prodi statistik.

Big Data merupakan istilah yang menggambarkan penambahan kuantitas dan keberagaman data digital frekuensi tinggi dan biasanya tidak berasal dari sumber tradisional. Narasumber acara ini adalah Gilang Maulana Abdi SSi, MSi selaku Data Mining Specialist, PT Indosat Ooredoo.

“Acara ini bertujuan untuk lebih mengenalkan mahasiswa mengenai Big Data di dunia kerja, karena kenyataannya sinkronisasi data tidak bisa semata-mata kita pelajari secara akademis,” kata Kaprodi Statistik Gangga Anuraga, S.Si., M.Si.

Selain itu terang Gangga, agar mereka lebih tahu dan siap nanti di dunia kerja menghadapi big data dengan metode-metode statistik itu seperti apa. Untuk mempersiapkan itu semua, nanti kurikulum akan kita perbaiki secara bertahap, tentang data mining data saintis untuk menyongsong era big data itu. Ini dilakulakan secara  bertahap karena kita mempunyai forum statistik Indonesia di peruruan tingggi dan  ini masih digodok.

“Ya memang agak terlambat di perguruan tinggi-perguruan tinggi dalam artian bukan keterlambatan metode-metodenya tapi aplikasinya, perlu diperkenalkan ke mereka. Mahasiswa insyaallah siap ini hanya perlu ada tambahan artinya banyak latihan saja. Jadi, mata kuliah terapan akan melatih alumni-alumni statistik Unipa lebih by doing a case menyelesaikan masalah dari data langsung jadi tidak terlalu banyak teori,” ungkapnya. (rm23)


  • Akademik
  • Humas