Secondary Nav

Menu

Pendidikan

Ilustrasi: mahasiswa Thailand. (Foto: dok. Sripatum University)

JAKARTA - Salah satu negara tetangga yang menyediakan banyak beasiswa bagi pelajar internasional adalah Thailand. Di Negeri Gajah Putih ini, kita bisa belajar dalam lingkup studi yang cukup luas, mulai dari teknik hingga agrikultur. 

Nah, jika berminat melanjutkan studi di Thailand melalui jalur beasiswa, berikut beberapa lembaga pemberi beasiswa di negara tersebut, seperti dilansir laman Persatuan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha), Rabu (30/1/2013). Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik huruf-huruf bercetak tebal.  

1. AUN/SEED-Net dan JICA 

Beasiswa yang dikhususkan pada bidang teknik (engineering) ini merupakan hasil kerjasama antar-perguruan tinggi di ASEAN dan beberapa kampus Jepang.  Di Thailand, kita bisa melamar untuk program S-2 dan S-3 di Chulalongkorn University dan King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang. 

Sayangnya, belum semua lulusan perguruan tinggi di Indonesia yang bisa melamar beasiswa ini, hanya mereka yang berasal dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang dapat melamar. 

Sebagai penerima beasiswa, kita akan mendapatkan fasilitas biaya keberangkatan dan kepulangan, biaya kuliah, biaya hidup bulanan, biaya riset dan perjalanan seminar, biaya buku, dan jaminan kesehatan. 

2. ASEAN University Network (AUN) untuk jurusan Korean Studies

Program ini adalah kolaborasi antar-perguruan tinggi di ASEAN yang memberikan beasiswa di berbagai bidang pada berbagai kampus di ASEAN. Bahkan, kita bisa belajar hingga China, Korea dan Jepang. 

Program AUN di Thailand dibuka untuk studi Korea di Chulalongkorn University. Nantinya kita juga akan mencicipi kuliah satu semester di Korea. 

3. Asian Institute of Technology 

Kita bisa menempuh studi S-2 atau S-3 dengan beasiswa di Asian Institute of Technology. Informasi lengkap bisa disimak di laman: 
http://www.ait.ac.th/admissions/assistance.html, dan  

http://www.ait.ac.th/prospective-students/admissions/Current_Scholarships.

4. Dirjen Dikti Kemendikbud

Kemendikbud menyediakan beasiswa penuh bagi para dosen Tanah Air. Beasiswa ini terbuka bagi pengajar mata kuliah apa pun. 

Kebanyakan mahasiswa Indonesia peserta program beasiswa Dikti ini menempuh studi di Chulalongkorn University, Mahidol University, Kasetsart University, Prince of Songkla University, Khokaen University, dan Burapha University. 

5. Kasetsart University 1 (Agro Industry) 

Program beasiswa ini dikelola oleh Fakultas Agro-Industri Kasetsart University untuk jenjang S-2 dan S-3. 

6. Kasetsart University 2 (Food Security) 

Kasetsart University juga menyediakan beasiswa jenjang PhD dan PostDoctoral pada bidang Food Security Center. 

7. Sripatum University 

Sripatum University menawarkan beasiswa bagi masyarakat umum, tidak terbatas pada status pekerjaan tertentu. Beasiswa akan diberikan berupa biaya kuliah saja. 

Kita bisa melamar beasiswa untuk bidang kajian International Business, Airline Business, Accounting, English Chinese Communication, dan International Hotel Management. 

Selain mengunjungi laman Sripatum University, kita juga bisa mengontak langsung:

Sripatum International College

Sripatum University, Building 11, floor 8, 61 Phaholyothin Road, Jatujak, Bangkok 10900, Thailand
Tel: (+66) 2579 1111 ext. 1017, 1018, 1308
Fax: (+66) 2558 6868
E-Mail: intl@spu.ac.th

8. Beasiswa Unggulan BKPLN Kemendikbud 

Program beasiswa pertukaran pelajar ini diperuntukkan bagi jenjang S-1 di bidang manajemen. Nantinya kita akan menuntut studi di Rajamangala University of Technology Tanyaburi (RMUTT) selama 12 bulan. 

Untuk menjadi peserta Beasiswa Unggulan, kita haruslah lulus seleksi mulai dari tingkat perguruan tinggi hingga seleksi di Kemendikbud. 

Selamat berburu beasiswa!(rfa)

original link : klik disini


  • Akademik
  • Humas