Secondary Nav

Menu

Gaya Hidup

JAKARTA - Setiap lingkungan memiliki etiket yang berbeda demikian pula di perusahaan tempat kita bekerja. Meski terdengar sederhana, kita harus mengikuti peraturan yang umumnya tidak tertulis itu agar sukses di tempat kerja.  
Sebagai anak baru, kita harus memahami betul etiket di tempat kerja sehingga dapat diterima oleh lingkungan yang terasa asing bagi kita. Berikut tiga etiket penting yang harus kita ketahui dan laksanakan sebagai newbies di lingkungan baru, seperti dikutip dari Careerealism, Minggu (27/1/2013).
 
Berpakaian yang tepat
Perhatikan dengan seksama norma berpakaian yang diterapkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Jika kurang memahami jenis pakaian yang telah ditentukan, bertanyalah kepada rekan kerja atau atasan Anda mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dikenakan saat ke kantor. Dengan demikian, Anda dapat menghindari berpakaian yang tidak pantas dan menjadi bahan pembicaraan di kantor.
 
Gunakan kata ajaib 'tolong' dan 'terima kasih'
Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk menggunakan kata tolong ketika meminta sesuatu maupun mengucapkan terima kasih saat diberikan sesuatu. Dalam dunia, kedua kata ini pun masih memiliki efek luar biasa. Oleh karena itu, pastikan selalu menggunakan kata tolong maupun terima kasih baik kepada bawahan apalagi atasan Anda.
 
Dengan menggunakan kedua kata tersebut menunjukkan Anda menghormati orang tersebut. Selain itu, menggunakan kata tersebut di setiap kesempatan menunjukkan jika Anda adalah orang yang menyenangkan.
 
Menjadi pemain tim
Di banyak tempat kerja dan bidang karier, Anda dihadapkan untuk mampu bekerja dengan orang lain. Terkadang memang terasa sulit untuk bergaul dengan kepribadian yang berbeda-beda. Untuk itu, komunikasi menjadi faktor yang sangat penting.
 
Etiket kantor lain yang harus Anda pahami adalah kemampuan bekerja dengan baik dengan orang lain dan berkomunikasi secara efektif. Luangkan waktu untuk mendengarkan perspektif orang lain. Anda mungkin tidak selalu setuju, tapi kemungkinan Anda dapat belajar sesuatu yang baru dengan bersikap terbuka terhadap perspektif lain dan menghormati pendapat orang lain.
(mrg)

original link : klik disini


  • Akademik
  • Humas