Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

CINDERAMATA: Kaprodi PAUD AISYAH, S.PSi., M.Pd memberikan cinderamata kepada Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.

 

Surabaya- Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya, menggelar seminar nasional di ruang Ajang Gelar Kampus II Unipa Surabaya, Rabu, 17 Mei 2017.  Dalam seminar bertajuk “Pintar Mendidik Anak di Era Teknologi” ini menghadirkan para narasumber pakar pendidikan anak usia dini, yaitu Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd. Ketua Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Yudho Bawono, S.Psd., M.Si dari Universitas Trunojoyo Madura, dan keynote speaker Drs. Pungut Asmoro, ST., MT. Wakil Rektor III Unipa Surabaya.

“Seminar ini membicarakan tentang teknologi sebagai media belajar dan pembelajaran untuk anak usia dini,”ungkap Imroatus Soleha Ketua Himaprodi PAUD. Menurut Imroatus, dalam kesempatan ini akan digunakan sebagai sharing ilmu pengetahuan yang akan membuka wawasan baru bagi peserta seminar.

Sesi pertama, dipaparkan terkait pergeseran paradigma belajar abad 21 yang meliputi 4 hal, informasi (tersedia di mana saja dan kapan saja), komputasi (lebih cepat memakai mesin), otomasi (menjangkau segala pekerjaan rutin), dan komunikasi (dari mana saja dan ke mana saja). “Teknologi tidak ditanggapi sebagai perangkat keras tetapi sebagai sesuatu yang dapat mempermudah,”terang  Bachtiar S. Bachri. Pada sesi kedua, dibahas tentang penggunaan gadget sebagai media pendidikan seks untuk anak usia dini.  

Menurutnya, tak sedikit guru PAUD yang mengajar dengan cara linear bukan non linear. Contohnya, saat guru mengajarkan menggambar bebek pada anak, hampir semua menghadap ke kiri bahkan saat menggambar pemandangan hasilnya hampir dipastikan gambar gunung, matahari, dan sawah. Padahal imajinasi itu tak terbatas. Pembelajaran PAUD adalah berbasis perkembangan anak,”ungkap Kaprodi Unesa tersebut.

“Ini merupakan kegiatan tahunan di prodi PAUD,”kata Imroatus. Diharapkan akan ditemukan paradigma yang baik untuk pembelajaran teknologi pada anak usia dini. Terlebih di PAUD sendiri sudah dibekali dan diajarkan kurikulum yang berisi strategi dan model pembelajaran,”tambahnya. (*) 


  • Akademik
  • Humas