Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

POSTER: data mining penelitian teguh susanto mahasiswa prodi Statistika Unipa Surabaya

 

Surabaya- Keikutsertaan Teguh Susanto mahasiswa Statistika Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya dalam Jambore Statistika VI yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa (Hima) Statistika Universitas Mulawarman telah membawanya keluar sebagai pemenang pada kategori lomba infografis. Keberhasilan Teguh telah menambah sederatan piala kemenangan yang diperoleh Unipa Surabaya di tahun 2017.

Dalam lomba infografis Pria asal Malang ini mengangkat judul “Peran Statistik dalam Data Mining”, infografisnya menginterpretasikan perkembangan data mining dari tahun ke tahun. lebih lanjutnya statistik ini memberikan kontribusi pemodelan dalam data mining, melalui regresi, klasifikasi, dan forecasting.

Teguh mengungkapkan data mining adalah sub bidang interdisipliner ilmu komputer. Proses komputasinya untuk menemukan pola dalam data yang besar yang melibatkan metode kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, statistik, dan sistem basis data.

Ada tujuh lomba yang diselenggarakan mulai Olimpiade Statistika, Karya Tulis Ilmiah, Pekan Analisis Statistika, Kid Colouring, Poster Manual, Cerdas Cermat Statistika, dan Infografis. Lomba ini diikuti semua prodi statistika seluruh Indonesia antara lain Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Institut Pertanian Bogor (ITB), Universitas Hasanudin Makasar, Universitas Negeri Makasar, Universitas PGRI Adi Buana, dll.

Acara ini dengan tema “Reach Achievements through the 6th Jambore of statistics to develop quality of the young generation” yang bertujuan untuk memperkenalkan ilmu statistika pada siswa, mahasiswa, maupun masyarakat umum melalui lomba dalam jambore. (*)


  • Akademik
  • Humas