Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

KEAKRABAN: Suasana kunjungan hima PGSD di sekolah alam rumah matahari Sidoarjo

 

SIDOARJO- Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya melakukan Kunjungan SD di Sekolah Alam Rumah Matahari yang berada di Jl. raya Klagen, Desa Wilayut Kec. Sukodono, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.    Rabu, 10 Mei 2017. Apri Irianto, S.H., M.Pd. Pembina Hima bersama tiga dosen PGSD Drs. Triman Juniarso, M.Pd, Susi Hermin, S.Pd.,M.Pd, dan Pana Pramulia, M.Pd turut serta dalam kunjungan tersebut.

Sekolah Alam Rumah Matahari dipilih sebagai tempat observasi karena sekolah ini berbeda dari sekolah formal. Sekolah ini memiliki sebuah ruang kelas yang berhadapan langsung dengan lahan sawah yang sangat luas,”ungkap Muhammad Abi Sudiarto Ketua Hima PGSD.

Menariknya, sekolah yang berdiri sejak 2008 ini menganut sistem PKB dalam kurikulumnya. Siswa diberi kebebasan dalam mengikuti pelajaran dan tidak dituntut sama sekali. “Yang penting, kelas 1, 2, dan 3 sudah harus lancar CAHITUNG atau baca hitung,” ujar Abi. Sekolah ini juga membiasakan siswa-siswanya untuk cakap, tanggap, aktif, religius dan bertanggung jawab atas diri dan urusannya masing-masing. Saat ini sekolah yang didirikan Heri Suwitnyo, S.Kom memiliki 5 guru dan 45 siswa,”tandasnya.

Selama berkunjung, anggota hima mengikuti kegiatan siswa dari awal hingga akhir, mulai sholat duha, mengaji bersama, senam, dan menyanyi bersama akustik band yang diiringi langsung oleh Ketua Hima PGSD.

Setelah itu, para siswa makan bekal dari rumah masing-masing, siswa tidak boleh membeli jajan sembarangan, “ujarnya. Usai istirahat para siswa diajak untuk cooking class membuat roti sandwich. Belajar di alam memiliki sensasi yang berbeda karena disuguhi langsung pemandangan sawah yang begitu hijau dan luas,”ujar Abi Ketua Hima. (*)


  • Akademik
  • Humas