Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Narasumber: Dr. Suhari, SH., MSi. saat menyampaikan materi kepada peserta di seminar UKKI Unipa Surabaya.

 

Surabaya- Seminar Pendidikan dengan tema “Peran Unipa dalam Mencetak Pendidikan dan Generasi berakhlakul Karimah” digelar di Gedung Sardjijo Kampus II Unipa yang berada di kawasan Dukuh Menanggal. Acara ini diadakan oleh UKM UKKI (Unit Kegiatan Kerohanian Islam) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Sabtu, (29/4).

Dalam seminar menghadirkan narasumber dari Unipa Surabaya Dr. Suhari, SH., MSi. Serta Dr. Fahrur Ulum, SPd., MEI dari Pengurus Komisi Nasional Pendidikan Jatim, Dosen FSH (Fakultas Syariah dan Hukum) UIN Sunan Ampel Surabaya dan keynote speaker  Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA Rektor Unipa Surabaya.  Dalam seminar ini fokus membicarakan tentang  pendidik yang berakhlakul karimah yang mana dunia pendidikan sengaja dibenturkan dengan kondisi sosial yang tidak mendukung peran dari pendidikan itu sendiri.

Pendidik berakhlakul karimah adalah pendidik yang berkepribadian islam. Untuk mewujudkan pendidik yang berakhlakul karimah tidak hanya bisa diwujudkan oleh salah satu pihak namun banyak pihak yang terkait dengan pendidikan itu sendiri, paling kecil adalah lingkup keluarga, lembaga atau isntitusi pendidikan, lingkungan sosial, dan pemerintah yang berwenang meregulasi pendidikan itu sendiri agar terwujud pendidikan yang mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat. Tidak hanya pintar tapi juga berkarakter ,”ungkap, Dwi F. Syaharoh Ketua Keputrian UKKI.

Saat ini banyak sekali fakta-fakta yang harus diperbaiki dengan pendidikan berakhlakul karimah sehubungan dengan fenomena masyarakat yang mulai mengalami dekadensi (penurunan) moral. Oleh karena itu, UKKI Unipa mengopinikan bahwasanya pendidikan yang berlatar belakang karakter mulia itu bisa memperbaiki kondisi yang ada dan kembali pada kehidupan masyarakat,”terang ketua keputrian UKKI Unipa Surabaya.

 Islam adalah agama yang mengatur hubungan manusia dengan sang pencipta, hubungan manusia dengan dirinya (akhlak), serta hubungan antara manusia dengan manusia yang lain (pendidikan itu sendiri). Sehingga, pendidikan itu tidak terlepas dari agama islam. Sebagai umat muslim sepatutnya bangga dengan apa yang telah diatur di dalam islam dan contoh-contoh yang sudah ada seperti halnya Rasulullah SAW sebagai suri tauladan hingga peradaban islam yang sudah menorehkan tinta emas dalam bidang pendidikan.

Harapannya dunia pendidikan bisa memakai aturan islam sebagai ideologinya,”ungkap Dwi. Oleh karenanya, melalui seminar yang diikuti 120 peserta ini bisa membuat mahasiswa atau calon pendidik mengerti esensi pendidikan itu sendiri.

Sementara itu, Anifatul  Choiriah UKKI Unipa mengungkapkan, seminar ini rutin dilakukan setiap satu semester sekali. Selain rutin gelar seminar, UKKI Unipa juga rutin mengadakan kajian studi Islam setiap hari Jumat yang diikuti tidak hanya anggota UKM UKKI tetapi juga mahasiswa Unipa. (*)


  • Akademik
  • Humas