Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Konsentrasi:  Peserta LMG saat mengikuti lomba SMS (Sandi Kotak, Morse, dan Semaphore)

Surabaya- Pramuka Racana Dharma Pandu 493-494 Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar “Lomba Medan Galang (LMG)” se-Jatim. Diikuti sebanyak 891 peserta tingkat penggalang atau SMP. Acaranya dibuka Wakil Rektor III Pungut Asmoro, ST MT di lapangan utama Kampus II Adi Buana Dukuh Menanggal, 23 April 2017. Dalam sambutannya, Pungut menyatakan ingin rutin, istiqomah, untuk 2 (dua) tahun sekali kegiatan LMG digelar di Unipa Surabaya.

“Ini sudah kali ke-7 LMG diselenggarakan di Unipa. Alhamdulillah, kali ini pesertanya melebihi target. Yakni ada 55 regu putri, 44 regu putra, dan 99 pembina pendamping. Artinya, dari tahun sebelumnya ada peningkatan yang cukup signifikan,”terang bidang kemahasiswaan Unipa tersebut.

Antusiasme peserta sangat luar biasa,”kata Pungut. Mereka sangat semangat untuk ikut lomba. Hal itu, menandakan pembinaan gerakan pramuka di sekolah-sekolah khususnya di tingkat penggalang atau SMP berjalan dengan baik sejalan dengan kebijakan pemerintah, kebijakan fungsi guru, dsb.

Kegiatan seperti ini, dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan kualitas sumber daya manusia, soft skill,  maupun jiwa kompetisi yang sehat. Oleh karenanya, Unipa mempersembahkan Tropy Bergilir Rektor agar kegiatan LMG bisa dijadikan kegiatan rutin,”ucapnya.

Ada beberapa mata lomba di dalam medan galang yang tentunya sudah dikuasai peserta. Yakni yang sifatnya gathering activity (sistem beregu), ada lomba kolonel tongkat. Sedangkan, scatter activity/scouting skill meliputi lomba hasta karya, SMS (Sandi kotak, Morse, Semaphore), cerdas cermat, scout chef, pioneering, dan ketangkasan.

Vina Lestari Ketua Pelaksana Acara mengatakan, yang khusus di lomba ini ada hasta karya dengan tema organik dan anorganik, scout chef menggunakan bahan dasar 70 persen tahu dan 30 persen bahan tambahan, pioneering peserta akan membuat menara pandang sesuai dengan contoh yang diberikan panitia, dan ketangkasan peserta akan main ketapel menembak sasaran. Tentunya, dari 7 lomba tersebut nanti akan diambil juara umum, juara I, II, dan III. Untuk juara umumnya, ada Tropy Bergilir Rektor, Tropy Dispora, dan uang pembinaan. Selain itu, ada fasilitas lain yang diperoleh, seperti sertifikat, tiska, tanda peserta, vandal, dan stiker.

Rachmad Rafli, salah satu peserta dari SMP 3 Surabaya mengaku siap dengan serangkaian lomba yang dijadwalkan. Untuk lomba ini, kami sudah berlatih sebulan dengan pembina,” katanya. Kebetulan saya bertugas di lomba hasta karya bersama kawan saya Moch. Ryan. Kami akan membuat lampu tidur hemat energi dengan memanfaatkan barang-barang bekas, seperti pipa, kardus, talipur, dll. “asik bisa buat barang kekas jadi berguna hanya dengan sedikit kreatifitas,”ucapnya dengan bangga.

Sementara itu, Pungut Asmoro mengatakan, pihaknya ingin Racana Dharma Pandu unipa Surabaya terus mengembangkan diri agar tercipta kegiatan-kegiatan yang lebih berkualitas dalam membantu program pemerintah yakni membangun generasi yang berkarakter dan berjiwa Dasa Darma Pramuka. Ini adalah  suatu proses pelatihan yang sangat mahal di mana kerjasama, kepemimpinan, tanggungjawab diajarkan.


  • Akademik
  • Humas