Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

PENANDATANGANAN: Rektor Unipa Surabaya Drs. Djoko, Adi Waludjo, ST., MM., DBA dan Ketua IAI  Wilayah Jawa Timur Prof. Tjiptohadi Sawarjuwono, M.Ec., Ph.D., Ak., CPA., CA saat melakukan penandatanganan MoU didampingi Drs. Widodo, ST., M.Kom Kepala LHIHP .

 

Surabaya- Program Studi Akuntansi Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menjalin kerjasama dengan IAI  (Ikatan Akuntansi Indonesia).  Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding)  oleh Rektor Unipa Surabaya Drs. Djoko, Adi Waludjo, ST., MM., DBA dengan Ketua IAI  Wilayah Jawa Timur Prof. Tjiptohadi Sawarjuwono, M.Ec., Ph.D., Ak., CPA., CA. MoU ini dalam rangka “Peningkatan Kapabilitas Sumber Daya Akuntansi di Fakultas Ekonomi”. Acara ini berlangsung di gedung Fakultas Teknik Kampus II Unipa Surabaya, Minggu, (26/3) kemarin.

IAI adalah organisasi akuntan Indonesia yang mengetahui kekuatan pasar. Dengan adanya  kerjasama ini, mahasiswa akuntansi Unipa Surabaya bisa lebih mudah diterima pasar karena kurikulumnya up to date sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kita juga bisa menyelenggarakan seminar mandiri dengan IAI, sebelumnya kami hanya bisa sebagai peserta karena belum ada kerjasama secara resmi. “ungkap Dra. Siti Istikhoroh, M.Si Dekan Fakultas Ekonomi Unipa Surabaya.  

Isti juga mengatakan, bahwa selama ini IAI terfokus pada para akuntan atau dosen akuntansi saja. Namun, untuk lebih memperluas jaringannya IAI kemudian menggalang keanggotaan dari mahasiswa dengan membentuk IAI Muda. Tentunya ini kabar baik bagi kami semua.

“Nah, ini adalah kesempatan yang bagus untuk mahasiswa akuntansi Unipa Surabaya untuk mendaftarkan diri dan menjadi anggota IAI Muda. Hal itu, untuk menambah wawasan dan peluang untuk bergaul dengan orang-orang sesama akuntan,” kata Isti. Melalui kerjasama ini diharapkan akan ada dampak positif terhadap pengembangan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di akuntansi baik dosen maupun mahasiswa. Terlebih juga didukung dengan akreditasi Prodi Akuntansi  yang “A”. “Terang Dekan FE tersebut.

“Kali ini tidak hanya penandatanganan MoU tetapi diadakan kuliah umum juga yang menghadirkan Dr. Puji Handayati, SE., MM., Ak., CA., CMA., CIBA., CSRA selaku Ketua Komisariat Malang Raya Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Jatim. Dalam kuliah umum tersebut membahas mengenai “Peran Organisasi Profesi dalam Pengembangan Karir Akuntan”. Selain itu, dibahas pula tentang pajak,”ujarnya. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari Prodi Akuntansi dan juga menghadirkan Wakil Rektor II Drs. Untung Lasiyono, M.Si dan kepala LHIHP (Lembaga Hubungan Internasional Humas dan Protokoler) Drs. Widodo, ST., M.Kom.”kata Isti Dekan FE.

Sementara itu, Isti mengatakan bahwa setelah adanya kerjasama ini diharapkan semakin banyak dosen akuntansi Unipa yang memiliki gelar profesi dan mahasiswa dapat terlibat di dalam kegiatan IAI Muda. Dengan demikian, tingkat kompetensi yang dimiliki nantinya sesuai dengan kebutuhan pasar dan mampu berdaya saing di era MEA. Selain  didukung dengan legalitas akuntansi.


  • Akademik
  • Humas