Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

TUNJUKKAN KOLEKSI: Mahasiswa tunjukkan koleksi buku-buku di Self Access Center

SURABAYA - Berbagai cara ditempuh untuk meningkatkan kompetensi guna mendapatkan lulusan yang mampu berdaya saing di era globalisasi. Salah satunya dengan membentuk Self Access Center atau mini laboratorium dan perpustakaan.   Self Access Center ini berada di bawah naungan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya yang  terletak di lantai 5  gedung Soelaiman Jesoef   Kampus II Dukuh Menanggal.

"Sebenarnya, SAC ini sudah ada sejak tahun 2014, namun kurang begitu aktif,"kata M. Ddaru Purwaning Laduni Salah satu anggota SAC. Menurutnya, pengembangannya baru gencar dilakukan tahun ini guna mengembangkan potensial  mahasiswa khususnya Prodi Bahasa Inggris.SAC ini digagas para dosen Pendidikan Bahasa Inggris salah satunya Fajar Susanto, S.S.,M.Pd   selaku pemimpin dan dosen tamu dari Amerika Serikat Moriah M. Kent, M. TESOL. 

"SAC Unipa sendiri, dibetuk dengan tujuan untuk mengembangkan potensial mahasiswa dalam hal akademik. Untuk itu, berbagai fasilitas disediakan untuk menunjang kemudahan dalam belajar, seperti komputer unit, jurnal-jurnal pendidikan/akademik, serta buku-buku pendidikan dapat dengan mudah ditemukan di sana,"ungkap Ndaru salah satu aktivis SAC.

Ndaru juga mengatakan, banyak pihak yang berperan di sini. Tidak hanya dosen tetapi aktivis ESU (English Student Union) juga turut serta dalam membantu pengembangan SAC hingga seperti ini. Nah, untuk kegiatan-kegiatan yang biasa kami lakukan ada banyak sekali. Akan tetapi, ada hari khusus  yang biasanya ada agenda khusus pula, yakni hari Jumat. Kami sering melakukan morning movie, speaking discussion,  dan sosialisasi  sekolah luar negeri bersama teman-teman maupun dosen. “Sayang sekali,ini masih sebatas digunakan mahasiswa dari Prodi Bahasa Inggris padahal di SAC ini siapa pun bisa datang dan join bersama kami,"tambahnya.

"Ke depan, semoga ini bisa dinikmati semua mahasiswa dari lintas prodi. Artinya, semakin banyak yang menggunakan semakin baik dan tujuan utama untuk mengembangkan potensi mahasiswa Unipa Surabaya bisa tercapai. Karena, setelah bergabung di sini banyak dampak positif yang ditimbulkan, antara lain banyak mahasiswa yang termotivasi mengikuti Karya Tulis Ilmiah (KTI), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan kemampuan berbicara dengan bahasa Inggris juga semakin terasah,"ucap Ndaru. Ndaru mengungkapkan, bahwasanya SAC ini hampir dipastikan tidak pernah kosong terlebih ada dosen dari Amerika Serikat yang biasa kami sapa Mrs. Moriah yang membuat semangat dan semakin betah berlama-lama di sana,"tambahnya.


  • Akademik
  • Humas