Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Surabaya- Tekad Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya untuk menjadi salah satu peguruan tinggi yang unggul dan mampu berdaya saing ditunjukkan melalui berbagai revitalisasi. Hal itu, dimaksudkan untuk membentuk Sumber Daya manusia (SDM) yang berkompeten dan mampu berkompetisi di era globalisasi.”terang Rektor Unipa Surabaya Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA usai membuka acara workshop kewirausahaan di Kampus II Unipa Menanggal. Selasa, (21/2).

Menurut Djoko, Lab tidak boleh hanya menjadi ruang untuk mengerjakan sesuatu untuk praktik tetapi Lab harus mempunyai kecenderungan bernilai jual. Di situlah, akan dibangun namanya value creation yang nantinya berefek pada benefit. Untuk itu, hasil-hasil Lab yang dibuat harus ada nilainya, baik kreasi maupun ekonominya. Jadi, tidak hanya sekadar pajangan belaka.

“Sekarang mahasiswa memiliki kecenderungan mandiri. Artinya,dalam kegiatan besar yang membutuhkan banyak biaya mereka dapat mengatasi sendiri dengan mencari sponsor. Secara tidak langsung kemandirian itu sudah membentuk pola sikap untuk bertandang dan bersaing di era global ini. Itu keberhasilan yang luar biasa maka tahun 2017 ini, adalah starting atau second wake up,”ucapnya.

Selain itu, Djoko menambahkan bahwa mulai sekarang pendampingan akan dimaksimalkan. Baik pengelola Lab maupun dosen akan dibekali banyak hal dalam wokshop yang akan berguna saat di lapangan. Sebenarnya itulah tujuan dari kegiatan ini.

Workshop yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Bisnis Kewirausahaan (LPBK) dilaksanakan selama dua hari dengan sasaran yang berbeda. Pertama, semua Kepala Lab dan dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan Unipa Surabaya dan kedua karyawan yang mau menghadapi masa pensiun. ”Terang Drs. Teguh Purwanto, MM Dosen sekaligus Kepala Bidang kewirausahaan Unipa.

Teguh mengatakan, agenda yang dibicarakan ada dua, yakni mengenai GBRPS (Garis Besar Rencana Pembelajaran Semester) dan pembekalan menghadapi masa pensiun karyawan yang masa kerjanya kurang 2-5 tahun.

Di Unipa, mata kuliah kewirausahaan harus ada di setiap program studi. Ini dimaksudkan agar mahasiswa lulusan Unipa nantinya dapat mempunyai skill khusus untuk pengembangan karirnya yang mandiri. Sementara dalam pembekalan karyawan diharapkan dapat menjadi bekal setelah pensiun. Oleh karena itu, selama prosesnya akan dilakukan pendampingan  sampai dapat berdiri sendiri.


  • Akademik
  • Humas