Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

SEMPURNA: Peserta saat melakukan gerakan meja lompat dengan

SURABAYA- Mahasiswa PKO (Pendidikan Kepelatihan Olahraga) angkatan 2013 Unipa Surabaya menggelar Piala Rektor Cup I bekerjasama dengan Persani (Persatuan Senam Artistik Nasional) Provinsi Jawa Timur. Acara dilaksanakan di Gedung Olahraga Hastabrata Adi Buana Surabaya.

Menurut Dr. Harwanto dosen PKO Unipa Surabaya mengungkapkan bahwa kerjasama ini baru kali pertama dilakukan dengan Persani. Hal itu, dikarenakan lomba yang digelar merupakan perwujudan dari mata kuliah senam lanjut yang diampunya sendiri bersama dua rekannya Bapak Sunyoto dan Bu Suhartik. Sehingga, mahasiswa wajib menyelenggarakan kejuaraan sebagai salah satu syarat kelulusannya.

“Diharapkan nanti akan muncul atlet-atlet senam baru yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi yang maksimal buat bangsa dan negara. Hal itu, sehubungan pula mengapa lebih memilih usia sekolah dasar dikarenakan pembentukan atlet dari usia dini itu lebih baik dan kebetulan sudah ada club masing-masing. Tambah Dr. Harwanto.

Dalam lomba ini, diikuti 50 peserta yang terdiri atas 20 putri dan 30 putra. Mereka mengikuti dua jenis perlombaan yaitu, senam lantai dan senam meja. Peserta berasal dari delapan daerah di wilayah Jawa Timur. Diantaranya,  Kab. Kediri dan Kab. Gresik. Selain itu, dari Kota Kediri, Pasuruan, Probolinggo, Malang, Sidoarjo,  dan Surabaya.

Febrian Alif Romadhon ketua pelaksana acara mengungkapkan bahwa tahun depan kejuaraan ini akan lebih bervariasi tidak hanya dari jenis senamnya saja tetapi juga dikelompokkan berdasarkan usia, saat ini tidak ada pengelompokan secara khusus karena diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar dengan maksimal usia 12 tahun. Untuk waktu perlombaan, peserta untuk senam meja maksimal waktu 7 detik sedangkan  senam lantai baik individu maupun yang kelompok maksimal 10 menit. Tujuan diselenggarakan acara ini tak lain untuk memperkenalkan ke mahasiswa mengenai senam artistik.

Dalam lomba ini, juri diambil dari Persani (Persatuan Senam Artistik Nasional) Provinsi Jawa Timur berjumlah enam orang. Ada beberapa hal yang akan menjadi kriteria penilaian seperti kelenturan, keindahan gerakan, dan keseimbangan.”Terang Febrian Alif.

Juara dalam lomba ini, diambil juara I, II, III senam lantai dan senam meja putra maupun putri dan juga juara serba bisa. Untuk juara artistik putri alat meja lompat juara I, Winda Ayu (Kota Kediri), juara artistik putri alat lantai juara I,  Inayah Nisa (Kab. Pasuruan). Putra untuk senam meja Rido Hutama (Kota Gresik), dan putra alat lantai Haikal Salim (Kota Pasuruan). Sedangkan serba bisa putra juara I, Rido Hutama (Kota Gresik) dan Putri Winda Ayu (Kota Kediri).

 Sementara itu, Drs. Sutijono MM Rektor Unipa mengatakan sangat mendukung kegiatan seperti ini. Rupanya mahasiswa sudah semakin kreatif dalam memanfaatkan fasilitas yang dimiliki, selain itu, kegiatan ini sangat positif bagi mahasiswa PKO khususnya.


  • Akademik
  • Humas