Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

FOTO BERSAMA: penyematan jaket KKN-PPM kepada perwakilan mahasiswa oleh Rektor Unipa Surabaya H.    Sutijono, MM.

 

SURABAYA- Unipa Surabaya siapkan  mahasiswa yang mumpuni dan berkompeten untuk program pengabdian masyarakat dalam KKN-PPM Semester Ganjil 2014/2015. Kali ini mengusung tema “ Optimalisasi Potensi Daerah untuk Mendukung Program Pengentasan Kemiskinan di Kab. Sidoarjo”.  Ada dua lokasi yang dituju, yaitu Kec. Krembung dan Kec. Tarik. Bukan kali pertama Kabupaten Sidoarjo  menjadi sasaran KKN-PPM mahasiswa Unipa Surabaya, hal ini terjadi berkat adanya MOU dengan Bupati Sidoarjo Syaiful Illah selama lima tahun. “Terang Sutijono Rektor Unipa Surabaya.

Sutijono mengatakan bahwa mahasiswa wajib mengenal dan mengembangkan kompetensi yang dimiliki di desa. Unipa Surabaya melalui KKN tematik tidak hanya sekadar bakti sosial, seperti pembuatan got atau monument di kampung tetapi bakti sosial itu sekarang dikembangkan menjadi KKN tematik dengan kegiatan yang sudah terencanakan demi pengembangan dan memperoleh nilai tambah buat masyarakat.

Menurut Sutijono, KKN itu sifatnya interdisipliner, jadi mahasiswa yang tergabung dalam kelompok sudah diacak dengan perwakilan tiap prodi. Tantangan ke depan,  persaingan antar individu dan PT lebih berat, sehingga mahasiswa perlu dibekali baik soft skill maupun hard skill.

Sutijono mengatakan bahwa mahasiswa harus bekali diri dengan kompetensi sehingga akan memberikan kualitas KKN mahasiswa. Adi Buana Surabaya sudah melakukan sesuatu yang baik dengan akreditasi institusi mendapat peringkat “B“ dan kabar baiknya di Jawa Timur Perguruan tinggi yang mendapatkan akreditasi B hanya berjumlah sepuluh salah satunya Unipa Surabaya. Untuk itu, jangan berkecil hati karena kita mampu bersaing dengan yang lain. Kabar gembira berikutnya bahwa baru-baru ini diumumkan oleh Ban PT kalau Program Studi Manajemen tanpa visitasi memperoleh akreditasi B disusul Prodi  Perencanaan Wilayah Kota (PWK) juga mendapat akreditasi B dan akan disusul oleh Fakultas Teknik Elektro. Untuk yang lain akan segera menyusul. Artinya kita mampu bersaing dan KKN PPM kali ini Insyaalloh dapat hibah dari Dikti pula.

Bersyukur bahwa  peserta KKN-PPM kali ini beruntung  bisa menggunakan Gelora Hastabrata Adi Buana dalam kondisi yang sempurna untuk kegiatan pembekalan. Nantinya, program pengentasan kemiskinan masyarakat Sidoarjo khususnya kec. Tarik dan Krembung, pengentasan anak putus sekolah juga dilaksanakan bekerja sama dengan dinas sosial telah berjalan dan mendapat penghargaan dari walikota Surabaya Tri Rismaharini. Program CSR tersebut dikonversi menjadi program KKN kali ini.

“Semoga ke depan akan bertambah program yang sama, mendukung pendidikan bangsa kita. Selain itu, ada yang istimewa bahwa salah satu dari mahasiswa yang mengikuti program KKN-PPM ini adalah seorang lurah di salah satu tempat KKN-PPM yang akan dituju yaitu desa Rejeni kec. Krembung.  Dia Afandi Ahmad dari program studi bahasa Indonesia 2011. “Tambah Sutijono.

 Menurut Apri Irianto sebelum diberangkatkan mahasiswa diberikan pembekalan selama dua hari mulai tanggal 31 s.d. 1 januari 2014. Hari pertama akan diberikan materi dan kedua praktik. Program pengembangan yang akan diusung adalah pemanfaatan lahan pekarangan ini sekaligus mendukung program Pemkab Sidoarjo yang akan mengembangkan wisata pendidikan. Lahan ini akan diberikan tanaman produktif, pemberdayaan perikanan, pengembangan potensi ekonomi melalui home industri dan juga ternak, pengembangan APE juga akan dilakukan di sekolah-sekolah, pemanfaatan limbah kayu yang akan dibuat keranjang yang dapat memberikan nilai tambah, pembentukan kader lingkungan, pemanfaatan limbah kebun dan ternak menjadi pupuk, pengembangan pemasaran produk online, dan untuk remaja akan diberikan praktik sablon dan batik jumput.

  Apri Irianto menambahkan bahwa pengembangan program ini disesuaikan dengan permintaan pemerintah setempat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Sidoarjo khususnya kec. Tarik dan Krembung. Rencananya mahasiswa akan diterjunkan di masyarakat mulai tanggal 2 Pebruari selama satu bulan. *rohma.


  • Akademik
  • Humas