Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Hari Minggu tanggal 30 November 2014 adalah hari yang istimewa bagi anak-anak di lingkungan RW 10- Simojawar Kelurahan Simomulyo Baru Surabaya. Betapa tidak, pada hari itu bapak Camat Suko Manunggal, Ibu Atiyun Najah Indhira dari Dinas Sosial selaku pelaksana program Campus Social Responcibility (CSR) dan Bapak Pungut Asmoro wakil Rektor bidang Kemahasiswaan i Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, hadir  untuk bersama-sama meresmikan/membuka penggunaan layanan perpustakaan dan pusat baca anak-anak yang diupayakan oleh mahasiswa peserta program CSR dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

                Acara pembukaan ini menjadi istimewa karena dibarengkan dengan jalan sehat sejak pukul 05.00 WIB yang diikuti warga RW.10, acara panggung gembira yang diisi oleh hadrah Ibu-ibu PKK Kelurahan Simomulyo Baru, PKK RW.10, serta diiringi band Seni Rupa UNIPA Surabaya. Setelah bergembira memperoleh hiburan dari mahasiswa dan Ibu-ibu PKK, diteruskan dengan acara pengundian doorprize bagi peserta jalan-sehat.

                Peresmian perpustakaan CSR UNIPA Surabaya diawali oleh laporan mahasiswa CSR yang diketuai oleh Mukhamat Musafa, disambung oleh ungkapan kesediaan dan kegembiraan dari Ketua RW 10, sambutan Bapak Camat Suko Manunggal yang memberi apresiasi tinggi atas kepedulian mahasiswa UNIPA Surabaya. Selanjutnya Ibu Ayun dari Dinas Sosial menyampaikan amanah dan wejangan bagi mahasiswa CSR, bagi anak-anak dampingan dan bagi warga RW 10 Simojawar atas adanya program CSR Dinas Sosial yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi dan dalam hal ini UNIPA Surabaya. Acara disambung oleh penyerahan perpustakaan CSR UNIPA Surabaya kepada warga RW 10 oleh Wakil Rektor III, dan diakhiri secara bersama-sama membuka Balai RW 10 yang sebagian sudah disulap menjadi perpustakaan anak-anak.

                Dalam laporannya ketua CSR mahasiswa UNIPA Surabaya menyampaikan bahwa jumlah koleksi buku lebih dari 1.500 eksemplar terdiri dari buku cerita, majalah, buku pelajaran, sampai buku pengetahuan umum. Tertata pada rak-rak, kemudian disediakan meja baca untuk anak-anak. Perpustakaan akan dikawal oleh mahasiswa CSR UNIPA Surabaya secara bergiliran, dengan pindah gilir tiap mahasiswa sekitar 2 bulan sekali jaga.

                Bapak Camat Suko Manunggal menyampaikan sesungguhnya balai RW 10 Simo Jawar itu sudah terhubung dengan jalur internet kabel. Namun sampai dengan saat ini belum pernah termanfaatkan. Oleh karenanya melalui program CSR yang membuka perpustakaan di Balai RW ini diminta dikembangkan ke pengupayaan komputer untuk pembelajaran dan layanan internet bagi anak-anak setempat.

                Acara ini diliput oleh media, yaitu telah dimuat media Jawa Pos edisi Senin, 1 Desember 2014  melalui Metropolis tajuk Pendidikan dengan judul UNIPA siapi adik asuh perpustakaan, dan ditayang di JTV pada berita apik.(musf-unipa)


  • Humas