Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

SERAH TERIMA: Penyerahan tunggul oleh wakil rektor III Pungut Asmoro kepada penanggung jawab KMD Pembina Pramuka Sunyoto Hadi Prayitno.

 

SURABAYA- Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya kembali selenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD), hal ini dilakukan sebagai upaya membentuk karakter pembina pramuka dalam rangka menyongsong generasi emas 2045 mendatang, selain itu, sehubungan pula dengan ekstrakurikuler wajib pengadaan pramuka di sekolah. hal itu di ungkapkan wakil rektor III Pungut Asmoro, dalam upacara pembukaan di kampus Dukuh Menanggal  Kamis (20/2).

 “Pungut Asmoro menghimbau, agar peserta mengikuti dengan penuh tanggung jawab serangkaian kegiatan  yang sudah di siapkan oleh para pelatih, serta membekali diri dengan niat positif supaya kedepan dapat mengamalkan ilmu dan menjadi pembina yang bekualitas.

Dalam pembukaan tersebut diharapkan kedepan akan ada MOU antara Pramuka Unipa dengan Kwarcab Surabaya sehingga, Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar dapat terus di lakukan di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya,” terang Pungut Asmoro.

 Menurut Dwi Retnani Dekan FKIP Unipa, pembinaan itu sangatlah penting untuk calon pembina pramuka, harapan kami tidak hanya mahasiswa PGSD melainkan seluruh Prodi di FKIP sebenarnya wajib mengikuti kegiatan ini, pramuka bisa mengembangkan semua karakter yang di programkan pemerintah. Keinginan kami ilmu pramuka ini bisa ditularkan, dengan menghadirkan atmosfer pramuka di lingkup FKIP.

Sementara itu, penanggung jawab acara KMD Sunyoto Hadi Prayitno menambahkan, kegiatan ini akan berlangsung pada 20-23 Pebruari 2014, dengan peserta 219 dari mahasiswa PGSD Unipa Surabaya dan sebagian  dari luar. Keterampilan tidak bisa diajarkan melainkan dilakukan sehingga calon pembina haruslah berkarakter.  Pola  yang digunakan dalam KMD kali ini, dengan cara segmental artinya pada hari pertama dan kedua  peserta berkehidupan seperti siaga, jadi semua kegiatan mulai dari materi sampai kegiatan berkenaan dengan siaga, pada hari ketiga pola segmental kehidupan penggalang, dan hari keempat kehidupan penegak dan pandega sehingga ketika lulus KMD mereka mahir kehidupan siaga, penggalang, penegak dan pandega. Oleh sebab itu, mereka akan mahir menghadapi peserta didik nantinya.


  • Akademik
  • Humas