Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

SURABAYA - Universitas PGRI Adi Buana Surabaya kembali menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) semester ganjil 2013/2014. Program KKN-PPM  tersebut merupakan program wajib bagi mahasiswa, hal ini sesuai dengan kurikulum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang merupakan peraturan pemerintah RI No. 60 tahun 1999 mengenai pendidikan tinggi. Acara tersebut di laksanakan di kampus Menanggal bertempat di Gor Hastabrata Adi Buana Surabaya dengan peserta 1.415 mahasiswa KKN-PPM  yang terdiri dari berbagai program studi.

FOTO BERSAMA: Pejabat Unipa dengan Bupati Sidoarjo, dari kanan Dr. Dra. Sukarjati, M. Kes (Kepala LP2M), Drs. H. Sutijono, MM. (Rektor Univ. PGRI Adi Buana Surabaya), Abah H. Saiful Ilah, SH., M.Hum. (Bupati Sidoarjo), Pungut Asmoro, M.T (Warek III),  Drs. Widodo, S.T., M.Kom (Warek IV). 

      Acara tersebut dibuka oleh Rektor Univesitas PGRI Adi Buana Surabaya Drs. H. Sutijono, MM. Ucapan syukur terlontar karena kegiatan KKN-PPM program pengabdian masyarakat ini dapat di selenggarakan kembali oleh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, diharapkan mahasiswa dapat mengikuti pembekalan dengan baik karena ini merupakan bekal selama satu bulan mengabdi pada masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat menjalankan empat bidang yaitu, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi yang menjadi sub-tema dari masing-masing kelompok sebagai prinsip integrasi pendidikan dan pengabdian masyarakat. Suatu kehormatan bagi kami atas kehadiran Bupati Sidoarjo beserta jajarannya yang turut mendukung program KKN-PPM Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

      Menurut Dr. Dra. Sukarjati, M. Kes selaku kepala LP2M Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menambahkan, Sebelum mahasiswa di berangkatkan untuk kuliah kerja nyata terlebih dahulu diadakan pembekalan sebagai bekal mahasiswa dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, pembekalan ini akan di laksanakan selama dua hari mulai hari Rabu s.d Kamis tanggal 29-30 Januari 2014. Nantinya akan ada program-program yang dibuat, disosialisasikan, dan di kembangkan. KKN-PPM tahun 2014 ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Potensi Daerah”, daerah yang menjadi lokasi tersebut ada dua lokasi yang pertama di kec. Prambon kab. Sidoarjo dan kedua kec. Candi kab. Sidoarjo, kalau tidak ada halang rintang tanggal 3 Pebruari 2014 mahasiswa di berangkatkan ke daerah-daerah yang sudah di tentukan sesuai kelompoknya masing-masing. Tahun kemarin untuk pemberdayaan taman posyandu sudah sukses semoga tahun ini bisa mengikuti. Program yang direncanakan yaitu, optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan untuk kebun bergizi, alat permainan edukatif (APE), pengelolaan sampah agar menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah, perikanan, seni kriya dengan membuat seni batik ikat/celup dan lain sebagainya.

      “Terang Drs. H. Atnuri, SH., M.Pd, agar program dapat berjalan dengan baik diperlukan adanya hubungan yang baik antara mahasiswa dengan perangkat maupun masyarakat, untuk itu ada tips sukses dalam hal ini yaitu, tersenyum, mengenal, jangan mengerutkan kening, dan menjalin kerjasama.

Sementara itu, Abah H. Saiful Ilah, SH., M.Hum. menegaskan kota Sidoarjo merupakan kota yang produktif, kota UKM, industri, dan agraris tentunya perikanan dan pertaniannya. Selain itu Sidoarjo merupakan kota invesment sehingga kota Sidoarjo banyak mendapatkan penghargaan melalui berbagai bidang. Oleh karena itu, banyak sektor yang bisa dikembangkan dan dijadikan objek riset atau penelitian. Kehadiran mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang datang dalam rangka KKN-PPM sangat kami dukung, program-program yang direncanakan semoga dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Sidoarjo dan juga mahasiswa KKN-PPM.

      Dr. Dra. Sukarjati, M. Kes menambahkan, keberlanjutan dari program-program yang dilaksanakan tentunya sangat bergantung dengan perangkat desa dan masyarakat mau apa tidak untuk melanjutkan dan mengembangkan, kita sudah memulai dan selanjutnya menjadi tanggung jawab bersama warga daerah tersebut. *rohma-unipaPlus.


  • Akademik
  • Humas