Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

SURABAYA - Mahasiswa Program Studi PKK Universitas PGRI Adi Buana Surabaya sedang menempuh ujian praktik mata kuliah semester ganjil tahun 2014. Dalam ujian praktik tersebut mahasiswa di tuntut untuk kreatif dan cerdas dalam menciptakan suatu karya. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PKK dengan mengambil tema “fantasi” yang dilaksanakan di Lap PKK lantai 2 kampus 1 pada hari Kamis (23/1).

KOMPAK: Indah (kiri) dan Novi (kanan) dengan bangga menunjukkan maket hasil karyanya sebagai tugas akhir semester ganjil.  

Menurut ibu Sunarni selaku dosen tata rias dan tim penilai dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menerangkan, ujian ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa PKK, baik Tata Busana, Tata Rias, Maupun Tata Boga, tentunya dengan porsi yang berbeda. Misalnya, untuk mata kuliah dasar seni dan desain untuk mahasiswa tata rias mereka harus praktik bagaimana menghasilkan riasan yang baik, body painting, dan gaun yang sesuai sehingga bisa menjadi satu kesatuan yang indah dan untuk kriteria penilaiannya yaitu tata rias, busana dan sanggul.    Sedangkan mata kuliah interior dan eksterior mahasiswa harus membuat “maket” dengan ukuran tanah 10X20 untuk denah rumah dan usaha dengan perbandingan 1:25cm sementara itu, skala denah dengan hasil maket harus sesuai dengan luas parkir 5x6m dan ada tamannya, untuk mata kuliah kontinental dasar untuk mahasiswa tata boga harus menyajikan makanan hasil karya sendiri. Ujian ini dilaksanakan individu bukan kelompok oleh karena itu diperlukan kerja keras, usaha, dan kreatif agar bisa mendapat nilai yang baik dan sempurna.

“Terang Ria mahasiswa tata busana angkatan 2010, yang membawakan busana “putri kamboja kute” tersebut sangat senang karena bisa menampilkan yang terbaik di depan tim penilai, semoga hasilnya menyenangkan.

Novi dan Indah mahasiswa busana menambahkan, tugas ibu Susilowati ini memang tidak mudah dan butuh ketelitian bahkan cenderung kesulitan misalnya, dalam mencari miniatur bahan, harga bahan yang mahal, dan membuat dekorasi benar-benar harus jeli. Kiblat dalam tugas kami adalah Paris makanya saya ambil tema “paris in love” dan “Tatri House”, “tukasnya.

Ujian praktik untuk mahasiswa PKK secara keseluruhan ini, selain untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi selama proses belajar juga untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam menciptakan karya. *rohma.


  • Akademik
  • Humas