Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Upacara Pemberangkatan KKN-PPM Semester Gasal Tahun 2012/2013 Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Berjalan Lancar Tanpa Ada Hambatan

Suasana pagi di Kampus II Universitas PGRI Adi Buana Surabaya terlihat berbeda, hiruk pikuk mahasiswa lain dari biasanya, semuanya repot dengan koper dan ransel mereka. Teriakan memanggil-manggil terdengar dari sana-sini, itulah suara orang yang sedang mencari-cari kelompoknya. Aneh tapi ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya.

Semua mahasiswa dari berbagai jurusan berkumpul di lapangan depan gedung Teknik untuk melakukan upacara pemberangkatan KKN-PPM Semester Gasal tahun 2012/2013 mahasiswa Unipa Surabaya. Sungguh luar biasa dan patut di acungi jempol, ketertiban juga kedisiplinannya untuk mengikuti upacara perlu untuk kita tiru dan kita turunkan.

Upacara pemberangkatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Januari 2013 yang mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Produktifitas dan Lingkungan yang Sehat”, kegiatan ini akan dilaksanakan di kecamatan Sedati  dan kecamatan Prambon  Kabupaten Sidoarjo. Pelaksanaan program KKN PPM kali ini mulai tanggal 31 Januari s/d 2 Maret 2013, yang akan diikuti 1471 mahasiswa dari berbagai Jurusan dan hari ini merupakan moment mengesankan bagi semua mahasiswa Unipa Surabaya, karena apabila dihitung-hitung tinggal selangkah lagi untuk mencapai puncak kelulusan dan menyandang gelar Sarjana.

Walaupun hanya berlangsung kurang lebih satu jam saja tetapi sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Apa yang diutarakan Bapak Rektor selaku Pembina upacara pada pagi hari ini, merupakan sebuah wejangan yang perlu untuk di pahami maksudnya. Ilmu yang di berikan saat pembekalan merupakan modal dan bekal awal untuk terjun di masyarakat yang seraya mengantarkan kami untuk berjuang demi negeri kita tercinta, seperti makna dari isi lantunan syair lagu Indonesia Raya, Bangunlah Badannya Bangunlah Jiwanya untuk Indonesia Raya.. 

KKN-PPM kali ini istimewa program-program yang dibuat oleh tim sangat luar biasa, seperti halnya materi-materi yang berguna untuk pemberdayaan masyarakat. Seperti membuat APE atau alat peraga edukatif, Komposting sampah rumah tangga, sablon dan batik jumput, kerajinan dari enceng gondok maupun kulit kerang serta pupuk dari enceng gondok. Barang-barang yang biasanya menjadi sampah dengan kreatifitas yang tinggi dapat kita olah menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Tentunya dengan tekad dan tetap bersemangat pagi serta PEDULI maka target keberhasilan akan kita dapatkan.

Setali tiga uang istilah itu tepat sekali, dengan menggandeng tim PKK untuk mengembangkan 10.000 Taman Posyandu Jawa timur maka bersama-sama akan kita lahirkan kader-kader bangsa yang berkualitas dan luar biasa di masa akan datang demi kemajuan bangsa ini, jerih payah kita sangatlah dibutuhkan untuk menyukseskan program ini program yang tentunya ramah lingkungan. Selain itu banyak yang harus di kerjakan karena tidak hanya lingkungan fisik yang akan kita jamah melainkan lingkungan sosial juga perlu mendapat perhatian.

Pendidikan karakter dan semangat pagi perlu diingat dan di implementasikan serta menularkan ke yang lain, dimana harus kita tonjolkan rasa PEDULI sehingga akan timbul sinergi positif.  Yang mampu merubah pola piker dan perilaku. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama untuk dapat memecahkan segala permasalahan yang ada.

Menjaga nama baik diri sendiri, teman sejawat, Prodi dan almamater adalah sebuah tanggung jawab yang besar tetapi tidak perlu di jadikan beban berat, justru ini merupakan tonggak meningkatkan rasa percaya diri dan menunjukkan etos kerja kita karena ini adalah sebuah kebanggaan untuk mengharumkan nama baik Unipa Surabaya.

Diakhir sambutan Bapak Rektor menyalami mahasiswa yang akan berangkat untuk KKN-PPM. Seperti halnya Sang Ayah yang akan mengantarkan anak-anaknya untuk berjuang meraih kesuksesan. Sebuah harapan terlontar semoga apa yang di programkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kebanggaan kami adalah ketika mahasiswa berhasil dalam menjalankan program ini. Tetap tersenyum dan selalu semangat pagi. 


  • Akademik
  • Humas