Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Adu Skills Rias Pengantin Tradisional 

UNIPA NEWS- Mahasiswan Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) Tata Rias Angkatan 2018 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya saling beradu skills merias pengantin Indonesia, di Royal Plasa Surabaya. Rabu, (22/1). 

 

Tak kurang dari 50 peserta yang mengikuti ujian akhir merias pengantin tradisional ini. Baik konsep pengantin paes ataupun non paes diberikan waktu menyelesaikan kurang lebih 2 jam.  

 

Endah Setyowati SPd dosen dan Ketua Perias Pengantin Jawa Timur mengatakan,  penilaian utama terletak pada kerapian dan kehalusan sanggul,  rias, dan asesoris yang disematkan pada pengantin semua harus benar.  "Ini untuk membuktikan hasil riasan terbaiknya untuk pengantin jawa dengan detail yang sangat banyak, "tambahnya.  

 

Dalam ujian yang berkonsep pengantin Indonesia ini diambil dari Jawa Barat sampai Banyuwangi dengan kategori paes dan nonpaes. Kategori paes seperti rias pengantin Solo Basahan, Solo Putri, Solo Mangkunegara, Jogja Paes Ageng, Trenggalek,  Madura Lilin, Jember Sari dll.  Sementara untuk kategori nonpaes seperti Dhenok,  Solo Berkerudung,  Cirebon Pangeranan,  Malang Kaputren,  Gresik Sekar Kedaton,  Inten Kedaton dll.

 

Sementara itu, Kaprodi PVKK Agus Ridwan SPd MPd menegaskan, bahwa di semester ini mereka belajar merias pengantin tradisional dan berikutnya baru pengantin modern dan mereka bisa memilih sendiri.  

 

"Tentunya, dengan konsep tradisional ini mahasiswa harus mampu menunjukkan skills merias terbaiknya, sehingga hasilnya bisa mencerminkan pengantin tradisional yang anggun dan luwes,"terangnya. Selain itu diharapkan kesempatan ini digunanakan untuk menggali potensi untuk menjadi perias yang profesional.  

 


  • Akademik
  • Humas