Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Kompak- Jelita Citrawati Jihan (dua dari kanan) foto bersama usai seminar Scholarship.

 

Surabaya- UNIPA NEWS Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar acara seminar Scholarship Expo 2020 bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan (PPI Taiwan), di Gedung Soelaiman Joesoef Kampus II Dukuh Menanggal Surabaya.  

 

Istimewanya,  pembicara yang action secara langsung dalam acara ini adalah dosen Perencana Wilayah Kota Unipa yang berhasil mendapat beasiswa dari National Central University Taiwan Jelita Citrawati Jihan. 

 

 

"Acara ini untuk mengenalkan kepada teman-teman yang berminat ingin melanjutkan studi khususnya di Taiwan, karena di sana ada berbagai beasiswa yang ditawarkan,  seperti beasiswa Pemerintah Negara Taiwan, Universitas dan Dosen Pembimbing,  Swasta,  dan Projek," terang Jelita.  

 

Jelita mengatakan, bahwa dirinya lolos beasiswa universitas dan dosen pembimbing di jurusan Sistem Informasi Geografis. Sekarang telah menempuh satu tahun perkuliahan dan dia menargetkan akan menyelesaikan studi doktor ini dalam waktu tiga tahun. 

 

Menurutnya, kuliah di Taiwan sangat recomended sekali,  ada banyak teknologi baru yang menarik untuk dipelajari dan bisa diaplikasikan di Indonesia khususnya di Unipa Surabaya. 

 

"Karena di luar negeri pastinya ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi misalnya bahasa. Di sana menggunakan bahasa Inggris dan mandarin untuk penduduk lokalnya,"tambahnya. 

 

Dia mengatakan, untuk beradaptasi tersebut butuh waktu maksimal 3 bulan untuk bahasa,  budaya antri,  pemilahan sampah, kondisi cuaca yang ekstrim, dan life style. Tentunya,  mental harus dipersiapkan karena jauh dari keluarga,  harus mandiri dan pandai mengatur semuanya, tidak boleh mengeluh, dan tetap berusaha beradaptasi dengan teman-teman.

 

"Di Taiwan biaya kesehatan sangat mahal jadi harus pintar-pintar jaga diri,"kata Jelita. Dia berpesan untuk studi di sana memang tidak mudah tapi semua pasti bisa dipersiapkan jauh-jauh hari  pun di sana ada banyak sekali yang dipelajari, dan program beasiswa yang ada harus dimanfaatkan dan dipergunakan sebaik-baiknya. 

 

 

Scholarship expo 2020 ini dihadiri sejumlah pimpinan program studi, kepala LHIHP, mahasiswa, dan siswa dari SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya.  

 

 

 


  • Akademik
  • Humas