Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 


Surabaya- Universitas PGRI Adi Buana Surabaya kembali berkolaborasi dengan Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) menggelar pertunjukan "Ludruk". Acara ini sebagai salah satu bentuk kepedulian Unipa terhadap kesenian drama tradisional asli Jawa Timur. 


Acara yang identik dengan guyonan ini juga melibatkan teater GEO Unipa Surabaya. Pertunjukan apik yang mereka pertontonkan tersebut langsung mendapat apresiasi dari Rektor Unipa Dr Subandowo MS dan para pimpinan Unipa lainnya.


Lakon yang berjudul Geger Gondosuli tersebut benar-benar benar manarik perhatian puluhan pasang mata yang hadir di Gelora Hasta Brata Adi Buana. Pada kesempatan ini, Subandowo mengatakan, Unipa akan terus berupaya menjaga dan melestarikan ludruk sebagai warisan leluhur. 


Saat ini peminat ludruk sudah mulai luntur terutama di kalangan anak muda atau generasi milenial yang lebih menyukai gadget dan hal-hal praktis. Oleh karena itu, peran universitas sangat penting untuk menjaga dan mengenalkan pada generasi selanjutnya agar kesenian ini tidak semakin tersingkir. 


Dalam pertujukan kali ini mengangkat cerita tentang kehidupan masyarakat pribumi saat dijajah belanda pada masa lampau.  Ceritanya mengingatkan kita akan perjuangan masyarakat dalam menggapai kebebasan. 


Subandowo berharap agar ke depan bisa rutin menggelar pertunjukan ludruk mengingat Unipa juga memiliki Guru Besar di bidang ludruk.


  • Akademik
  • Humas