Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Cinderamata - Dr Hartono MSi Wakil Rektor I Unipa memberikan cinderamata kepada narasumber Prof Dr Mochamad Ashari MEng dari Rektor ITS di Gedung Sardjijo.

 

Menanggal- Perkembangan startup atau perusahaan rintisan memang tengah menjadi trending terutama di kalangan anak muda. Hal itulah yang mendorong Fakultas Teknologi Industri Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar seminar nasional yang bertajuk "Menjadi Pioneer pada Era Revolusi Industri 4.0 Melalui penguatan SDM Guna Menghadapi Persaingan Startup". Acara ini berlangsung di Gedung Sardjijo Kampus II Unipa Dukuh Menanggal Sabtu (28/9).

 

Menurut Katua Program Studi Teknologi Industri Yunia Dwie Nurcahyanie ST MT ini adalah wadah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan bisnis startup agar mahasiswa bisa bersaing dan bertahan di era semua yang serba digital ini.

 

"Pilihannya hanya 'berubah atau mati' supaya tidak tersingkir,"tegas Yunia. Oleh karena itu, di kesempatan yang baik ini kami menghadirkan Prof Dr Mochamad Ashari MEng dari Rektor ITS dan Dr Eng Ardyono Priyadi ST MEng Ketua FORTE Jatim.

 

"Jadi kami menggiring mahasiswa supaya familier dengan teknologi digital. Di teknik industri kami memiliki 3D printing, sedangkan di teknik elektro kami mempunyai robotika. Di sini kami mencoba untuk mengkombain data-data dari AI sehingga mahasiswa bisa mendapatkan data yang valid dari big data," ujarnya.

 

Yunia berharap, mahasiswa bisa mengelola informasi dari big data sehingga kalau mereka melakukan usaha atau bisnis tidak grambyang tetapi benar-benar mendapat data yang valid.

 

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Prof Dr Ir Mochamad Ashari M Eng mengatakan, jadi ada banyak revolusi industri setidaknya di drive oleh 10 teknologi tapi 7 diantaranya adalah teknologi yang berkaitan dengan Information Comunication Teknologi (ICT), seperti 3D printing dan robotik.

 

"Setidaknya mahasiswa mempersiapkan diri, memahami, dan menguasai teknologi,"kata Rektor ITS tersebut. Dia mengatakan, Unipa perlu juga mempersiapkan untuk akomodasi keinginan anak-anak, jadi membuat lingkungan tumbuhnya startup karena ini akan menjadi kunci masa depan,"ungkapnya.


  • Akademik
  • Humas