Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Antusias-bu-ibu PKK Dukuh Menanggal antusias mendengarkan penjelasan dari Asti Rahayu, SFarm MFarm Apt dosen Farmasi Unipa di Gedung Ajang Gelar.

 

Surabaya- Baru dua tahun Program Studi Farmasi Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya berdiri tetapi sudah berhasil memenangkan Program Holistik Bina Desa Kemenristekdikti 2019. Program ini didapatkan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himfa)  yang dibimbing langsung oleh Asti Rahayu, SFarm MFarm Apt dosen Farmasi Unipa. 

 

Program bina ini menggandeng ibu PKK Kelurahan Dukuh Menanggal Surabaya. Menurutnya, program hibah ini akan membantu mendorong perekonomian masyarakat mandiri. "Kali ini kami memberikan pelatihan komunitas kampung syantik (Sayang Batik) kepada kurang lebih 30 Ibu PKK di Dukuh Menanggal,"terang Asti. Berikutnya kami akan berikan pelatihan mengolah produk dan pemasaran melalui media online. 

 

Praktik langsung menyablon di atas media spanduk bekas

 

"Alhamdulillah, mereka sangat senang dengan pelatihan ini karena kebanyakan dari mereka adalah ibu rumah tangga dan ini adalah usaha sampingan dan fleksibel,"kata Asti. Nantinya, kami juga akan membuat kompetisi olah limbah di internal komunitas syantik ini untuk melihat seberapa greget mereka untuk berkarya,"tambahnya.

 

Menurut Asti inspirasi dari kegiatan ini berawal dari fenomena spanduk pilpres dan pilkada supaya tidak berakhir sia-sia. Berdasarkan data yang kami peroleh tahun 2014 ada sekitar 700 ton spanduk yang diserahkan ke bawaslu dan di tahun ini tentunya lebih banyak lagi oleh karenanya kami ingin memanfaatkan limbah tersebut untuk dijadikan barang-barang seperti tas, tempat pensil,  dompet, pigura, sepatu, dan lainnya.

 

Sementara itu, Setiawandari MKes Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unipa mengatakan, ini adalah yang pertama mudah-mudahan bisa memotivasi yang lain untuk lebih produktif dan terus membuat karya karena ini akan menjadi nilai tambah buat akreditasi nantinya. 

 

Program studi Farmasi Unipa memiliki keunggulan dalam herbal medication. Di sini dilengkapi lima laboratorium farmasi,  antara lain laboratorium kimia farmasi, farmasitika, botani farmakognosi, preskripsi, dan kimia analis yang dapat digunakan untuk kegiatan farmasi dan riset bagi dosen. Sehingga,  kami bisa memiliki lulusan yang berkompeten dan ahli di bidangnya.

 

 


  • Akademik
  • Humas