Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 Pengunjung galeri lukis menikmati lukisan hasil karya mahasiswa Unipa Surabaya

 

Surabaya- Mahasiswa Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menggelar pameran TeraSharing di Galeri Prabangkara Surabaya. Ada puluhan karya seni hasil karya mahasiswa seni rupa Unipa yang di pamerkan, antara lain batik khas Surabaya,  patung,  lukisan, kriya instalasi, digital, sketsa, kaligrafi  dan fotografi. Pameran ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan mulai tanggal 24-26 Juni 2019. Pembukaan pameran dilakukan oleh Drs Suparman SPd MPd.

 

Kegiatan ini juga merupakan salah satu syarat kelulusan mata kuliah manajemen pameran yang diampu oleh Herman Sugianto SPd MPd. Dia mengatakan, melalui kegiatan ini mahasiswa akan belajar tentang manajemen pameran karya seni mengingat mereka adalah calon guru nantinya.

 

"Yang menarik di sini adalah setiap karya yang dipamerkan adalah cerminan karakter mahasiswa itu sendiri,"tuturnya. Saya sangat senang setelah kurang lebih tiga bulan berproses hasilnya di luar dugaan baik batik, lukisan, atau karya lainnya berani diadu di luar sana karena kualitasnya sangat bagus.

 

Herman mengungkapkan, skills mahasiswanya di bidang seni sudah sangat mumpuni, hal itu bisa dilihat dari karya-karya yang dihasilkan  sudah sangat halus dan ini adalah modal untuk bersaing dengan karya di luar sana. "Yang masih menjadi koreksi adalah untuk packaging,"terangnya.

 

Sunandar selaku Ketua Pelaksana Acara mengatakan, melalui pameran ini dirinya dan teman-temannya ingin menunjukkan bahwa karya-karya seni yang dihasilkan itu layak untuk diapresiasi oleh berbagai kalangan bukan hanya dari kalangan seniman saja. "Setiap karya memiliki arti seperti halnya karya milik Fathur Rohman mahasiswa asal Madura yang membuat karya seni kaligrafi bertuliskan alif lam mim yang mengandung maksud untuk mengingatkan agar senantiasa ingat Sang Maha Pencipta.

 

Selain masyarakat pameran ini juga diramaikan oleh para sekawanan komunitas seni Jawa Timur, seperti komunitas Benang Jarum Surabaya, MJK Mojokerto, Lingkar Rasa, Intisari, Awan hitam dan lain-lain. Sunandar mengatakan, pameran TeraSharing ini juga bermakna ruang diskusi para seniman.


  • Akademik
  • Humas