Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya- Prof Dr Suwarsono Guru Besar Universitas Sanata Darma mengungkapkan, era industri 4.0 diwarnai oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang banyak membawa konsekuensi pada kehidupan manusia baik positif atau negatif yang menuntut berbagai kemampuan dan keterampilan, antara lain keterampilan berpikir pada tingkat yang lebih tinggi atau HOTS (Higher Order Thingking Skills)  yang salah satunya bisa ditanamkan melalui pendidikan literasi matematis.  

 

HOTS sendiri merupakan kemampuan berpikir dan bernalar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang rumit dan atau memecahkan suatu kasus atau masalah. Menurut Prof Suwarsono dengan adanya optimalisasi HOTS dalam pembelajaran matematika melalui budaya literasi dapat meningkatkan kemampuan bernalar dan berpikir kritis.

 

Menurutnya, keberhasilan HOTS sendiri bergantung pada kemampuan indvidu dalam menerapkannya. Dengan mengembangkan HOTS pada pelajaran matematika akan membantu siswa menjadi problem solver yang baik, hal ini tentunya harus didukung oleh guru sehingga siswa dapat mengoptimalkan keterampilan berpikir tingginya.

 

Sependapat dengan Prof Suwarsono, Rr Martiningsih MPd Juara 1 Nasional Rumah Belajar mengungkapkan, melalui HOTS peserta didik akan dapat membedakan ide atau gagasan secara jelas, berargumen dengan baik, mampu berhipotesis, serta dapat memahami hal-hal yang kompleks. "Dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi akan berimbas pada meningkatnya prestasi siswa,"tuturnya.

 

Sedangkan Dr Sumardi MSc Praktisi Pendidikan UHAMKA Jakarta dalam seminar nasional ini justru lebih menekankan tentang bagaimana mengembangkan diri secara cerdas dengan resep 'Manajemen Hidup Total' yang fokus pada watak, keahlian, dan fisik. Pihaknya mengungkapkan, pengembangan diri yang total dapat menghasilkan pribadi yang unggul dan berkualitas. 

 

Sementara itu, Diah Setiani mengaku sangat senang karena acara seminar nasional pendidikan matematika ini berjalan dengan lancar. Seminar yang mengangkat materi tentang optimalisasi HOTS ini mendapat perhatian yang sangat luar biasa dari para peserta yang notabene para calon guru, mereka juga antusias tidak hanya menjadi peserta tatapi juga pemakalah, ada kurang lebih 167 yang terdaftar sebagai pemakalah dalam seminar ini,"terangnya.


  • Akademik
  • Humas