Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Pembukaan: peserta kompetisi matematika sedang mengikuti pembukaan di gedung soelaiman joesoef.

 

Surabaya- Sebanyak 570 Siswa tingkat SD/SMP/SMA sederajat ikuti kegiatan kompetisi matematika (Komet) yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya,  Minggu,  (20/1). Kompetisi ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor I Unipa Dr Hartono MSi di Gedung Soelaiman Joesoef Kampus II Dukuh Menanggal Surabaya. 

 

Pada kesempatan ini,  Hartono menuturkan, bahwa kompetisi semacam ini sangat penting sebagai aktivitas penguatan fungsi otak kiri anak SD/SMP/SMA sederajat, sehingga dapat menstimulasi pola pikir kritis,  rasional, kreatif,  dan inovatif. Menurutnya,  pola pikir ini dibutuhkan untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, yang ditandai persaingan inovasi dalam produk yang dibutuhkan masyarakat global. 

 

"Jadi,  kompetisi ini sagat penting sebagai wujud kepedulian Unipa Surabaya kepada masyarakat dalam kontribusi terhadap upaya mendorong lahirnya generasi emas tahun 2045 mendatang,"terangnya. 

 

Kompetisi yang rutin digelar setiap tahun ini mendapat sambutan yang baik dari para siswa, hal ini terbukti dengan jumlah peserta yang semakin banyak.  "Selain mengajarkan berkompetisi kegiatan ini sekaligus untuk menguji kemampuan para siswa dalam mengerjakan soal matematika yang diberi batas waktu,"ungkap Nurfathonah Ketua Program Studi Matematika Unipa. 

 

Ia mengatakan, kompetisi ini dilaksanakan di lima rayon,  yaitu Surabaya, Jombang, Gresik,  Lamongan, dan Madura. "Babak penyisihan dilakukan secara serentak tanggal 20 Januari di masing-masing rayon tersebut sementara semi final dan Final dilaksanakan di Unipa Kampus II, "tandasnya. 

 

Devindha Permatasari Ketua Pelaksana Acara menambahkan, lokasi penyisihan di Surabaya dilaksanakan di Kampus II Unipa, Jombang di Madrasah Aliyah Negeri 3, Gresik di SMP Muhammadiyah 12, Lamongan di SDN Kepatihan,  dan Madura di SDN Kemayoran 1.

 

"Nantinya, dari kompetisi ini akan diambil juara I,  II,  III dan juara harapan I dan II dengan total hadiah senilai 18 Juta Rupiah,"terang perempuan yang akrab disapa Devindha tersebut.  

 

 


  • Akademik
  • Humas