Secondary Nav

Menu

Teknologi Pendidikan

PROGRAM STUDI MAGISTER (S2) TEKNOLOGI PENDIDIKAN 

1. Perguruan Tinggi: UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA

2. Pelaksana Proses Pembelajaran:

  • Fakultas: Pascasarjana
  • Program Studi: Magister Teknologi Pendidikan

3. Program diakreditasi oleh BAN: TERAKREDITASI A, BERDASARKAN SURAT KEPUTUSAN BAN-PT No. 2034/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2017. Berlaku: 20 Juni 2017 sampai dengan 20 Juni 2022. (https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php)

4. Gelar lulusan: Magister Pendidikan (M.Pd)

5. Tanggal penyusunan: 18 November 2016

6. Strategi Pendidikan: 

VISI

Menjadi program studi yang diunggulkan dan dapat diandalkan dalam memfasilitasi kebutuhan belajar warga masyarakat yang sesuai dengan perkembangan lingkungan dan teknologi pada tahun 2022.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mengacu pada terwujudnya perguruan tinggi yang berbasis riset dan secara gradual mengarah pada enterprenuer university dengan memadukan perkembangan dan perubahan yang dilakukan masyarakat melalui kediatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang inovatif, bermutu, dan bermartabat.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli yang memiliki kemampuan dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmiah untuk memperbaiki sistem pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah-masalah belajar, antara lain:

1) Mempunyai pemahaman yang komprehensif tentang hakekat keilmuan ilmu pendiidka dan perspektif yang visioner dan berkarakter SEMANGAT PAGI yang pada gilirannya akan menjadi landasan untuk mengembangkan bidang ilmu ini.

2) Mampu memahani secara komprehensif dan integratif landasan ilmiah ilmu pendidikan pada umumnya dan Teknologi Pendidikan pada khususnya.

3) Mampu merangkum secara koheren proses pendidikan yang secara obyektif terjadi di semua lingkungan kehidupan dan kemudian menyikapinya berdasarkan konsep-konsep Teknologi Pendidikan sehingga terjadi pemberdayaan proses pendidikan yang optimal.

4) Mampu meningkatkan profesionalisme Teknologi Pendidikan.

5) Mampu menerapkan pendekatan sistem dalam rangka pengembangan pembelajaran dan pelatihan.

6) Mampu menciptakan (creating): (a) rancangan pembelajaran,(b) produk-produk pembelajaran, (c) mampu menciptakan sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengguna.

7) Mampu menggunakan berbagai sumber belajar, termasuk dalam aplikasi dan konsep.

8) Mampu melakukan proses pengelolaan yang terkait dengan tindakan: (a) memperkirakan (forecasting), (b) merencanakan (planning), (c) serta melakukan pemeriksaan (evaluation and supervision).

KOMPETENSI LULUSAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Capaian Pembelajaran yang dirumuskan dalam Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) dan disepakati pada Temu Kolegial di UNIVERSITAS LAMBUNGMANGKURAT Banjarmasin pada 14-17 Juli 2017 adalah sebagai berikut:

       SIKAP

Magister S2 Program Studi Teknologi Pendidikan memiliki sikap:

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

3. Berkonstribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat-berbangsa-bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4. Berperan sebagai sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat dan temuan orisinal orang lain;

6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedualian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9. Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10. Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;

11. Menginternalisasi sikap apresiatif dan pedulu dalam pelestarian lingkungan hidup, seni dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

       PENGETAHUAN

Magister S2 Program Studi Teknologi Pendidikan memiliki pengetahuan:

1. teori aplikasi teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan kawasan teknologi pendidikan/pembelajaran;

2.teori aplikasi progarm pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja);

3.teori aplikasi dan konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/multidisipliner;

4.teori aplikasi dan pengetahuan operasional lengkap riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran/pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

       KETERAMPILAN UMUM

Magister S2 Program Studi Teknologi Pendidikan memiliki keterampilan umum:

1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis,sistematik, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil karyanya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipubikasikan tulisan dalam bentuk jurnal ilmiah yang terakreditasi;

2. mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

3. mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

4.mampu mengidentifikasi bidang keilmuwan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner;

5. mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; 

7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

       KETERAMPILAN KHUSUS

Magister S2 Program Studi Teknologi Pendidikan memiliki keterampilan khusus:

1. Menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/pembelajaran secara interdisipliner dan multidisipliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi komunikasi;

2. Melakukan pendalaman dan perluasan program pendidikan dan pelatihan untuk memberikan konstribusi orijinal dan teruji melalui riset dengan interdisiplin dan multidisipliner; 

3. Memecahkan permasalahan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui  pendekatan interdisipliner maupun multisipliner;

4. Memformulasikan dan memberikan masukan melalui riset dan mengembangkan teknologi pendidikan/pembelajaran/pelatihan.

 

STRUKTUR KURIKULUM

STRUKTUR KURIKULUM TAHUN 2017 PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN 

UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA

KODE

KURIKULUM

SKS

SEMESTER

1

2

3

4

 

A. MATA KULIAH UMUM

 

       

2110001

Statistika

2

2

 

 

 

2110003

Metodologi  Penelitian

3

 

3

 

 

2110005

Filsafat Ilmu dan Landasan Pendidikan

2

2

 

 

 

 

B.MATA KULIAH DASAR KEAHLIAN

 

       

2120003

Teori Belajar dan Konsep Mengajar

3

3

 

 

 

2120005

Media Pembelajaran: Desain dan Produksi

2

 

2

 

 

2120007

Problematik Pendidikan Bidang Studi 1

2

 

2

 

 

 

C. MATA KULIAH KEAHLIAN

 

       

2130001

Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum*

2

2

 

 

 

2130003

Organisasi Pusat Sumber Belajar

2

 

 

2

 

2130013

Desain Pembelajaran: Teori dan Terapan

3

 

3

 

 

2130014

Teknologi Pembelajaran

2

2

 

 

 

2130015

Psikologi Pembelajaran

2

2

 

 

 

2130016

Pengembangan Bahan Ajar

3

 

 

3

 

2130017

Teknologi Kinerja

2

 

2

 

 

2130018

Evaluasi Pembelajaran

2

 

 

2

 

2130019

Praktek Lapangan: Produksi Media Pembelajaran

2

 

 

 

 

D. MATA KULIAH  KEAHLIAN BERKARYA

 

       

2140001

Tesis

6

 

 

 

6

2140002

Seminar Usulan

2

 

 

2

 

 

JUMLAH SKS TOTAL

42

13

12

9

8

 

STAF PENGAJAR


Dr. Nurmida Catherine Sitompul, S.Hut., M.Pd
Ketua Program Studi 

PENDIDIKAN:
  • S1 Manajemen Hutan Institut Pertanian Bogor
  • S2 Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang
  • S3 Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang
JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor 

UNIT HOMEBASE:
Program Studi Magister Teknologi Pendidikan

UNIT KERJA:
Pascasarjana

Dr. Rufi'i, S.Si.,S.T., M.Pd

PENDIDIKAN:

  • S1 Pendidikan Teknik Bangunan IKIP Negeri Surabaya
  • S1 Teknik Sipil Sekolah Tinggi Ilmu Teknik Widya Dharma Surabaya
  • S1 Statistika Universitas PGRI Adi Buana
  • S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan IKIP Negeri
  • S3 Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang


JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor 

UNIT HOMEBASE:
Program Studi Magister Teknologi Pendidikan

UNIT KERJA:
Pascasarjana

Dr. Ibut Priono Leksono, M.Pd
 

PENDIDIKAN:

  • S1 Pendidikan Matematika Universitas Pattimura Ambon
  • S2 Ilmu Pendidikan IKIP Negeri Malang
  • S3 Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang


JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor 

UNIT HOMEBASE:
Program Studi Magister Teknologi Pendidikan

UNIT KERJA:
Pascasarjana

Dr. Suryaman, M.Pd

PENDIDIKAN:

  • S1 Pendidikan Teknik Mesin IKIP Negeri Surabaya
  • S2 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • S3 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang


JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor Kepala

UNIT HOMEBASE:
Program Studi Magister Teknologi Pendidikan

UNIT KERJA:
Pascasarjana

Dr. Achmad Noor  Fatirul, S.T., M.Pd

 

PENDIDIKAN:

  • S1 Pendidikan Teknik Listrik IKIP Negeri Surabaya
  • S1 Teknik Elektro Universitas PGRI Adi Buana
  • S2 Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana 
  • S3 Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor 

UNIT HOMEBASE:
Program Studi Magister Teknologi Pendidikan

UNIT KERJA:
Pascasarjana

Dr. Retno Danu Rusmawati, M.Pd

 

PENDIDIKAN:

  • S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Unversitas Dr.Soetomo Surabaya
  • S2 Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana 
  • S3 Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli

UNIT HOMEBASE:
Program Studi Magister Teknologi Pendidikan

UNIT KERJA:
Pascasarjana

STAFF LABORATORIUM DAN TATA USAHA


Ferra Dian Andanty, S.S., M.Pd.
Kepala Laboratorium Bahasa Pascasarjana


PENDIDIKAN:

  • S1 Sastra Inggris Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya


JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli

UNIT HOMEBASE:
Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris

UNIT KERJA: 

Pascasarjana

 


Andri Kurniawan, M.Pd
Kepala Laboratorium Produksi Media


PENDIDIKAN: 

  • S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya


UNIT HOMEBASE:

Pascasarjana

UNIT KERJA:
PascaSarjana

 


Drs. Suyanto, S.E.
Kepala Tata Usaha, Pascasarjana
PENDIDIKAN:
  • S1 Pendidikan Matematika IKIP PGRI Surabaya 
  • S1 Manajemen Universitas PGRI Adi Buana 
UNIT HOMEBASE:
Kampus II Dukuh Menanggal

UNIT KERJA:
Pascasarjana

DOKUMENTANSI KEGIATAN PROGRAM STUDI

 

  • Akademik
  • Humas