Secondary Nav

Menu

Pendidikan Guru Anak Usia Dini

PENDIDIKAN GURU PAUD (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 0503/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016

                 


Aisyah, S.Psi., M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Guru PAUD
PENDIDIKAN:
D2 Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Universitas PGRI adi buana
S1 Psikologi Universitas Putra Bangsa Surabaya
S2 Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli 

UNIT HOMEBASE:
PG. Pendidikan Anak Usia Dini

UNIT KERJA:
PG. Pendidikan Anak Usia Dini

 


Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi.
Kepala Laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini

PENDIDIKAN:
S1 Psikologi Universitas 17 Agustus Surabaya
S2 Psikologi Profesi Universitas Airlangga

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli

UNIT HOMEBASE:
PG. Pendidikan Anak Usia Dini

UNIT KERJA:
Laboratorium PG-PAUD

 

Program Studi Pendidikan Guru –Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Adalah lembaga pendidikan formal strata satu (S-1) yang mendidik calon pendidik atau guru yang professional dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) serta memiliki kompetensi lulusan sebagai pendidik atau guru pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada jalur Taman Kanak-kanak (TK)/ Raudatul Atfal (RA), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) serta bentuk lain yang sederajad yang merupakan program untuk anak usia dini, dengan masa rentang usia 0 sampai dengan 6 tahun. PG-PAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya pertama beroperasi pada tahun 2009 dengan SK DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS  RI No.875/D/T/2009, sesuai dengan amanat undang-undang khususnya Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat 14 yang mengatur Pendidikan Anak Usia Dini, serta Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

VISI
Pada tahun 2020 menghasilkan tenaga pendidik anak usia dini yang profesional, berkarakter Peduli, Amanah, Gigih dan Inovatif, memiliki daya saing dan berwawasan global.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan tenaga pendidik anak usia dini yang berkompeten berdasarkan pengembangan pembelajaran berbasis teknologi informasi.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan hasil penelitian pendidikan anak usia dini.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam pendidikan dan pembelajaran anak usia dini berdasarkan hasil penelitian.
  4. Mengembangkan pembelajaran pada Program Studi PG-PAUD kurikulum KKNI.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana  pembelajaran pogram studi PG-PAUD sebagai upaya pendidikan kewirausahaan dan pengembangan diri  untuk memasuki dunia kerja.
  6. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif  pembelajaran pogram studi PG-PAUD untuk mencapai kompetensi pendidik anak usia dini.
  7. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait, baik Regional, Nasional dan Internasional untuk menunjang pendidikan dan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di PG-PAUD.

 

TUJUAN

  1. Kompetensi utama sebagai guru professional di Taman Kanak- kanak dan sekaligus sebagai Paedagog ( Ahli Pendidikan ) anak usia dini yaitu mampu memberikan pelayanan konsultasi dari informasi edukasi, perancang dan pengembangan kurikulum, serta pengembangan permainan edukatif bagi anak usia dini.
  2. Kompetensi Pendukung sebagai Guru profesional SD kelas awal (1,2 dan 3), Guru Kelompok Bermain (KB), dan guru balita/infant dan toddler (child care)

FASILITAS

  1. Laboratorium Pengembangan Model Pembelajaran
  2. Laboratorium Pengembangan Motorik (indoor maupun outdoor)
  3. Laboratorium Multi Media
  4. Laboratorium Ajang Gelar
  5. Studio Microteaching
  6. Laboratorium yang terintegrasi dengan Prodi lain

KERJA SAMA

  1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
  2. BPPFNI Regional IV Surabaya
  3. Forum PAUD Provinsi Jawa Timur
  4. Himpaudi Provinsi Jawa Timur
  5. Universitas of Malaya
  6. Universitas Sultan Idris Malaysia
  7. Universitas Utara Malaysia
  8. SEAMEQ SEMOLEC
  9. Serta TK/RA,KB,TPA dan sekolah-sekolah lain yang menjalin kemitraan dengan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan II (Ajar Nyata)

PROSPEK LULUSAN

  1. Menguasai, memahami dan menerapkan konsep-konsep pembelajaran Anak Usia Dini yang inovatif.
  2. Menguasai dan menumbuhkembangkan potensi Anak Usia Dini dalam Pembelajaran
  3. Menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi serta mampu memanfaatkan untuk pembelajaran dan pengembangan diri secara berkelanjutan
  4. Terampil melaksanakan penelitian ilmiah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran Anak Usia Dini
  5. Mampu melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Anak Usia Dini
  6. Memiliki sikap kreatif, inovatif, mandiri, tangguh dan berdaya saing tinggi sebagai initi dari jiwa kewirausahaan.
  7. Mampu bekerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.
  • Akademik
  • Humas