Secondary Nav

Menu

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR TERAKREDITASI "A"  BERDASARKAN SK BAN-PT NO. 1981/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 TGL. 24 JULI 2018 BERLAKU 5 TAHUN SEJAK TGL. 24 JULI 2018 - 24 JULI 2023. 

 


Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd.
Ketua Program Studi PGSD

PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Negeri Malang
S2 Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya


JABATAN FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor

UNIT HOMEBASE:
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIT KERJA:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 


Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kepala Laboratorium PGSD


PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya


JABATAN FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli

UNIT HOMEBASE:
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIT KERJA:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang berdiri sejak tahun 2007 berdasarkan SK. DIRJEN DIKTI Nomor: 1938/D/T/2007 dan telah terakreditasi B tahun 2013 berdasarkan SK BAN PT Nomor: 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013. Program studi ini berkomitmen untuk menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan yang mampu menjadi tenaga pendidik, peneliti, praktisi dan konsultan pendidikan pada jenjang sekolah dasar. 

VISI

Menjadi program studi unggul dalam bidang kependidikan yang menghasilkan pendidik sekolah dasar berkompeten dan berkarakter peduli, amanah, gigih, dan inovatif pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mengacu pada ketercapaian kompetensi pendidik serta mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran di Sekolah Dasar berbasis IT.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  3. Melaksanakan kurikulum PGSD berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia Program Studi PGSD secara selektif.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana kependidikan di PGSD.
  6. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif untuk mencapai kompetensi  pendidik di PGSD.
  7. Melaksanakan pendidikan kewirausahaan yang kreatif, inovatif, dan bermanfaat sebagai penunjang profesi pendidik di Sekolah Dasar.
  8. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kompetensi pendidik di PGSD.

TUJUAN

  1. Menghasilkan pendidik yang mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran di Sekolah Dasar berbasis IT.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  3. Menghasilkan pembelajaran di PGSD sesuai standar KKNI.
  4. Menghasilkan SDM Program Studi PGSD yang berkualitas sesuai kebutuhan.
  5. Menghasilkan sarana dan prasarana di PGSD yang berkualitas sesuai kebutuhan.
  6. Terciptanya suasana akademik yang kondusif dalam mencapai kompetensi pendidik di PGSD.
  7. Menghasilkan lulusan berjiwa kewirausahaan yang kreatif, inovatif, dan bermanfaat sebagai penunjang profesi pendidik di Sekolah Dasar.
  8. Terjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kompetensi pendidik di PGSD.

PROFIL LULUSAN

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Primary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai:

  1. Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan,melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. 
  2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.

KOMPETENSI UTAMA 

Deskripsi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Jenjang Kualifikasi 6

  1. Menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di keilmuannya melalui dalam pembelajaran di sekolah dasar.
  2. Mengembangkan proses pembelajaran di sekolah dasar yang bermanfaat bagi pendidikan.
  3. Memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
  4. Bertanggung jawab terhadap tugas sebagai pendidik di sekolah dasar.

Para lulusan Program Studi PGSD jenjang sarjana diharapkan memiliki kompetensi utama berikut.

  1. Menguasai secara mendalam prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar.
  5. Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya dalam bentuk artikel ilmiah.
  7. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran.
  8. Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahlian.
  9. Mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan danmeningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  10. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  11. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, serta praktisi dan konsultan pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar.

CAPAIAN PEMBELAJARAN UMUM

A. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B. Pengetahuan

  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK.
  4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
  5. Menguasai konsep dan teknik  evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar.
  7. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran.

C. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melaksanakan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D. Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab.
  2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.
  4. Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
  5. Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.
  6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi.
  7. Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.

FASILITAS

Program Studi PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memiliki fasilitas berupa: 

  • Ruang Kelas Ber-AC dan LCD
  • Ruang dosen
  • Laboratorium IPA dan Matematika
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Pengkajian Pengembangan dan Pelatihan Sekolah Dasar (P3SD)
  • Laboratorium Produksi Media
  • Laboratorium Multimedia
  • Laboratorium Micro Teaching
  • Perpustakaan/ruang baca
  • Gedung olah raga
  • Lapangan olah raga
  • Peralatan Marching Band
  • Peralatan Albanjari
  • Peralatan Kolintang
  • Peralatan Band
  • Peralatan Gamelan
  • Perlengkapan Sendratari

PROSPEK LULUSAN

Memiliki keahlian dalam penguasaan ilmu dan keterampilan yang sesuai dengan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sehingga menjadi pendidik sekolah dasar berkompetensi dan berkarakter peduli, amanah, gigih, dan inovatif.

  1. Memiliki sikap dan perilaku yang diperlukan pendidik dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan pada keilmuan dan keterampilan yang dikuasai.
  2. Memahami peserta didik ditinjau dari perkembangan psikologis, soial, dan budaya.
  3. Mampu berkomunikasi secara profesional dengan mitra atau lembaga terkait.

Peluang kerja lulusan Program Studi PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya:

  1. Menjadi tenaga pendidik, guru kelas di Sekolah Dasar.
  2. Menjadi peneliti dalam bidang pendidikan di sekolah dasar.
  3. Menjadi praktisi dalam bidang pengelolaan pendidikan di sekolah dasar.
  4. Menjadi praktisi sebagai pembina ekstrakurikuler di sekolah dasar.
  5. Menjadi praktisi sebagai instruktur bimbingan belajar dan privat.
  6. Menjadi praktisi sebagai pengembang media dan sumber belajar.
  7. Menjadi praktisi sebagai evaluator pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.

AKTIVITAS

 

Kunjungi website resmi PGSD dhttp://pgsd.unipasby.ac.id

 

  • Akademik
  • Humas