Secondary Nav

Menu

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR / PGSD (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013


Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Negeri Surabaya
S2 Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana
S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIT KERJA:
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

 


Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kepala Laboratorium Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Tenaga Pengajar

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIT KERJA:
Laboratorium PGSD

 

Progam Studi PGSD yang berdiri pada tahun 2007, berdasarkan SK Pendirian:SK. DIRJEN DIKTI No. 1938/D/T/2007 yang merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang mengajarkan kepada mahasiswa sebagai calon tenaga pengajar di Sekolah Dasar dengan memberikan muatan ilmu yang berkaitan dengan teori pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen pembelajaran, media pembelajaran SD, kewirausahaan, profesi keguruan, perkembangan peserta didik, multicultural, startegi pembelajaran SD, perencanaan pembelajaran SD, dan inovasi pembelajaran. Di mana semua ini dikemas untuk meningkatkan kualitas dan keprofesionalitasan calon guru ke depan.

VISI

Program studi Pendidikan Guru Sekolah dasar Unversitas PGRI Adi Buana Surabaya memiliki visi: “Menjadi program studi unggul dalam bidang kependidikan yang menghasilkan

pendidik sekolah dasar berkompeten dan berkarakter peduli, amanah, gigih, dan inovatif pada tahun 2020.”

MISI

Berdasarkan SK Dekan No. 05.A/SK/FKIP/VI/2016, tanggal 6 Juni 2016 tentang Visi Misi Program Studi, Misi program studi PGSD adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mengacu pada ketercapaian kompetensi pendidik serta mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran di Sekolah Dasar berbasis IT.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  3. Melaksanakan kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia Program Studi PGSD secara selektif.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana kependidikan di PGSD.
  6. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif untuk mencapai kompetensi  pendidik di PGSD.
  7. Melaksanakan pendidikan kewirausahaan yang kreatif, inovatif, dan bermanfaat sebagai penunjang profesi pendidik di Sekolah Dasar.
  8. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kompetensi pendidik di PGSD.

TUJUAN

  1. Menghasilkan pendidik yang mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran di Sekolah Dasar berbasis IT.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  3. Menghasilkan pembelajaran sesuai standar KKNI.
  4. Menghasilkan SDM yang berkualitas sesuai kebutuhan.
  5. Menghasilkan sarana dan prasarana di PGSD yang berkualitas sesuai kebutuhan.
  6. Terciptanya suasana akademik yang kondusif dalam mencapai kompetensi pendidik di PGSD.
  7. Menghasilkan lulusan berjiwa kewirausahaan yang kreatif, inovatif, dan bermanfaat sebagai penunjang profesi pendidik di Sekolah Dasar.
  8. Terjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kompetensi pendidik di PGSD.

            FASILITAS

Prodi PGSD Unipa Surabaya memiliki fasilitas berupa:

  • 8 ruang Kelas Ber-AC
  • 1 ruang dosen
  • 1 ruang Lab IPA & Matematika
  • 1 ruang Lab Bahasa
  • 1 ruang Lab Ke-SD-an
  • 1 ruang Lab Produksi Media
  • 1 ruang baca
  • 1 ruang Lab Micro teaching
  • Peralatan Marching Band
  • Peralatan Kolintang
  • Peralatan Band
  • Peralatan Gamelan
  • Perlengkapan Sendra Tari
  • Observasi di sekolah dasar mitra PGSD Unipa Surabaya

PROSPEK LULUSAN

       Memiliki keahlian dalam penguasaan ilmu dan keterampilan yang sesuai dengan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sehingga menjadi pendidik sekolah dasar berkompetensi dan                 berkarakter peduli, amanah, gigih, dan inovatif.

  1. Memiliki sikap dan perilaku yang diperlukan pendidik dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan pada keilmuan dan keterampilan yang dikuasai.
  2. Memahami peserta didik ditinjau dari perkembangan psikologis, soial, dan budaya.
  3. Mampu berkomunikasi secara profesional dengan mitra atau lembaga terkait.

       Peluang kerja lulusan Prodi PGSD Unipa Surabaya:

  1. Dalam pendidikan formal: Menjadi guru kelas di SD
  2. Dalam pendidikan nonformal: menjadi guru ekstrakurikuler di SD, menjadi instruktur bimbingan belajar dan privat.
  • Akademik
  • Humas