Secondary Nav

Menu

Pendidikan Seni Rupa

PENDIDIKAN SENI RUPA (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 1074/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015


Drs. Suparman, S.Pd., M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Seni Rupa

PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Universitas PGRI Adi Buana
S2 Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli 

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Seni Rupa

UNIT KERJA:
Pendidikan Seni Rupa

 


Sepbianti Rangga Patriani, S.Pd., M.Sn.
Kepala Laboratorium Seni Rupa

PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Universitas Negeri Makassar
S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Tenaga Pengajar 

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Seni Rupa

UNIT KERJA:
Lab. Seni Rupa

 

Progam Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Srubaya berdiri sejak 1984, namun Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 47/D/0/1998 Jurusan Pendidikan Seni Rupa menjadi Progam Studi Pendidikan Seni Rupa dan menyatu dalam fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Seni Rupa, mahasiswa mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan:1) Seni Kriya yang merupakan bidang seni rupa tiga dimensi yang bias diolah menjadi berbagai kreasi benda fungsi dan dapat diproduksi missal; 2) Sendratasik yang merupakan  pengembangan media Seni Rupa yang semula hanya pada seni lukis, patung, grafis, dan desain, berkembang menjadi seni rupa instalasi dan Seni Rupa gerak, yakni film, video art atau performance art; 3) Pendidikan sdalam ruang linkup pendidikan Seni Rupa.

VISI

  • Menjadikan Sarjana Pendidikan Seni Rupa  yang unggul di Jawa Timur, berjiwa kewirausahaan serta berkarakter Peduli Amanah Gigih Inovatif (PAGI) pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran seni rupayang mengacu pada ketercapaian potensi dan kompetensi mahasiswa dalam aspek kepribadian, keilmuan, keterampilan, serta mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran berbasis Tekonologi Informasi .
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang
  3. ilmu Pendidikan Seni Rupa Berkarakter PAGI.
  4. Melaksanakan kurikulum berdasarkan KKNI.
  5. Meningkatkan kualitasdan kuantitas sumber daya manusia sesuai kebutuhan.
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pembelajaran.
  7. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kondusif.
  8. Melaksanakan pendidikankewirausahaan dalam bidang ilmu pendidikanseni rupa yang kreatif, inovatif, dan bermanfaat.
  9. Menjalin kerja sama dengan instansi terkait untuk meningkatkan kompetensi danjejaring sosial dalam bidang ilmu pendidikan seni rupa.     

TUJUAN

       1. Menghasilkan  sarjana pendidikan seni rupa  sebagai tenaga pendidik yang mengacu pada ketercapaian potensi dan kompetensi 
           mahasiswa dalam aspek kepribadian, keilmuan, keterampilan, serta mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran 
           berbasis  Tekonologi Informasi .
       2. Mampu mengaplikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan kesenirupaan melalui pengabdian kepada masyarakat Berkarakter 
           PAGI.
       3. Mampu melaksanakan kurikulum berdasarkan KKNI dalam pembelajaran.
       4. Mampu Meningkatkan kualitasdan kuantitas sumber daya manusia sesuai kebutuhan.
       5. Mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pembelajaran.
       6. Mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kondusif.
       7. Mampu Melaksanakan pendidikankewirausahaan dalam bidang ilmupendidikanseni rupa yang kreatif, inovatif, dan bermanfaat.
       8. Mampu Menjalin kerja sama dengan instansi terkait untuk meningkatkan  kompetensi dan  jejaring sosial dalam bidang ilmu
                    pendidikan seni rupa.

.FASILITAS

Pendidikan Guru Seni Rupa Unipa Surabaya ditunjang oleh; Studio Patung, Studio Batik, Studio Lukis, Studio Keramik, Studio Komputer, Ruang Kuliah, Galeri Karya, dan Ruang Baca Seni Rupa.

KERJASAMA

Kemudian, untuk pengembangan wawasan kesenirupaan, progam studi pendidikan Seni Rupa, FKIP-UNIPA, melakukan progam-progam kerjasama dalam bentuk pelatihan-pelatihan, peneletian-penelitian, dan pengembangan wawasan kesenirupaan yang beragam dengan perguruan tinggi seni yang lain seperti Institut Teknologi Bandung. Selain itu, juga progam-progam kerjasama dengan komunitas-komunitas seniman dari berbagai kota, termasuk studio-studio grafis, fotografi, rumah-rumah produksi film dan video, Taman Budaya Surabaya, Sekolah Mitra SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya, Dewan Kesenian Jawa Timur, SOZO Art, Surabaya, Sekolah Menengah Seni Rupa Surabaya salam bentuk pameran-pameran karya bersama, studi banding dan workshop untuk kepentingan pengembangan keterampilan proses kekaryaan.

PROSPEK LULUSAN

Mahasiswa lulusan Pendidikan Seni Rupa dapat digolongkan menjadi lima bagian:

  1. Meneruskan jenjang pendidikannya lebih tinggi ke arah Strata 2/S-2 dan S-3
  2. Bekerja sebagai tenaga edukasi di Sekolah Menengah Atas dan kejuruan, Sanggar, Lembaga Kursus Seni Rupa dan tenaga-tenaga kreatif
  3. Berkiprah secara wiraswasta/mandiri dalam bidang kerajinan patung, keramik, seni lukis, seni grafis murni, fotografi, desain komunikasi visual/desain grafis, dekorasi, percetakan
  4. Bekerja atau berkerjasama di instansi pemerintah yang berkaitan dengan disiplin ilmu seni rupa
  5. Berkaja pada pihak swasta seperti dekorasi untuk pertelevisian, film/production house, event organizer, penerbitan dan agensi periklanan.

STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA ACUAN PADA KARAKTER KURIKULUM  KKNI

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

Semester

 

1.MK. PENGEMB KEPRIBADIAN (MPK)

 

1

2

3

4

5

6

7

8

54101

Pendidikan Agama

3

3

 

 

 

 

 

 

 

540104

Pend. Pancasila

2

2

 

 

 

 

 

 

 

540201

Kewarganegaraan (Pkn)

2

 

2

 

 

 

 

 

 

540107

Bahasa Inggris

2

2

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

3

 

3

 

 

 

 

 

 

 

II. MK. KEAHLIAN BERKARYA (MKB)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

540112

Dasar  Kependidikan

4

4

 

 

 

 

 

 

 

540207

Perkembangan Peserta Didik

2

 

   

2

 

 

 

 

540301

Belajar dan Pembelajaran

3

 

 

3

 

 

 

 

 

540401

profesi Kependidikan

3

 

3

 

 

 

 

 

 

540210

Kurikulum dan Buku Teks

2

 

 

 

2

 

 

 

 

540801

Manajemen Pameran

4

 

 

 

 

 

 

 

4

540601

Metodologi Penelitian

4

 

 

 

 

 

4

 

 

54609

SKRIPSI

6

 

 

 

 

 

 

6

 

 

Keprofesian (Ke-PGRI-an

2

 

2

 

 

 

 

 

 

 

III. MK KEILMUAN & KETERAMPILAN(MKK)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

540114

Sejarah Seni Rupa Indonesia

3

 

 

3

 

 

 

 

 

54629

Sejarah Seni Rupa Modern

3

 

 

 

 

 

3

 

 

540404

Sejarah Seni Rupa Timur

3

 

 

 

3

 

 

 

 

540502

Sejarah Seni Rupa Barat

3

 

 

 

 

3

 

 

 

540217

Tinjauan Seni

3

 

 

3

 

 

 

 

 

540116

Anatomi Plastis

2

2

 

 

 

 

 

 

 

540119

Pengetahuan Warna

2

2

 

 

 

 

 

 

 

540222

Menggambar Model

3

 

3

 

 

 

 

 

 

540112

Sketsa

2

2

 

 

 

 

 

 

 

540225

Gambar Bentuk

2

 

2

 

 

 

 

 

 

540804

Desain Nirmana

3

 

 

 

3

     

 

540311

Keramik

2

 

 

2

 

 

 

 

 

540313

Estetika

3

 

 

 

3

 

 

 

 

540233

Gambar Teknik

3

 

 

3

 

 

 

 

 

540319

Patung 1

3

 

 

 

3

   

 

 

540547

Patung II

3

 

 

 

 

3

 

 

 

540410

Ilustrasi

2

 

 

2

 

 

 

 

 

 

Fotografi

3

 

 

 

 

 

3

 

 

540417

Lukis I

3

 

 

 

 

3

 

 

 

54324

Lukis II

3

 

 

 

 

 

3

 

 

540323

Seni Kria kerajinan

2

 

 

2

 

 

 

 

 

540542

Desain Tata Ruang

3

 

 

 

 

3

   

 

54530

Batik

4

 

 

 

 

 

 

 

4

 

Seni  Grafis

3

 

 

   

3

 

 

 

54591

Sendratasik

3

 

 

 

 

 

 

 

3

540353

DKV/ Desain Komunikasi Visual

3

 

 

3

 

 

 

 

 

540128

Ilmu-Ilmu Seni

3

 

3

 

 

 

 

 

 

 

Ornamen

2

 

2

 

 

 

     

 

IV. MK PERILAKU BERKARYA (MPB)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

54362

Pendalaman Karya Seni

3

 

 

 

 

 

   

3

540427

Evaluasi Pegajaran

3

 

 

 

3

 

 

 

 

540517

Perencanaan Pengajaran

3

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Strategi Belajar Mengajar

3

 

 

 

 

 

3

 

 

540519

Membagan  PapanTulis 

2

 

 

 

2

 

 

 

 

540638

(MAGANG 1)

1

 

 

 

 

1

 

 

 

 

(MAGANG 2)

2

 

 

 

 

 

2

 

 

 

(MAGANG 3)

2

 

 

 

 

 

 

2

 

 

V.BERKEHIDUPAN BERMAYARAKAT (MBB)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kewirausahaan

4

 

 

 

 

 

 

 

4

54420

Kuliah Kerja Nyata

2

 

 

 

 

 

 

2

 

 

JUMLAH

144

17

20

21

21

19

18

10

18

Profil Lulusan

Program studi Pendidikan Seni Rupa  Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menyepakati Profil pada intinya adalah menghasilkan Guru SMP/ SMK/SMA di bidang pendidikan seni rupa. Profil ini dapat di cermati pada tabel 1.

Tabel-2: Profil Lulusan dan deskripsinya

INFORMASI TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN KUALIFIKASI HASIL YANG DICAPAI. INFORMATION ON LEARNING OUTCOMES AND QUALIIFICATIONS

      Capaian pembelajaran/learning outcomes

Kemampuan bidang kerja

  1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran seni rupa;
  2. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik dalam pembelajaran seni rupa sesuai dengan karakteristiknya;
  3. Mampu mengembangkan potensi peserta didik dalam pembelajaran seni rupa secara optimal;
  4. Mampu memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran seni rupa;
  5. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran seni rupa;
  6. Mampu memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;
  7. Mampu mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi dalam pembelajaran seni rupa;
  8. Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan seni rupa sesuai dengan bidang tugas;
  9. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis keterampilan serta keilmuan keterampilan untuk merencanakan pembelajaran seni rupa  dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills);
  10. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis keterampilan kesenirupaan serta keilmuan ketera untuk melaksanaan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS dan berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills);
  11. Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis keterampilan serta keilmuan keterampilan  untuk melakukan evaluasi dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills);
  12. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan keterampilan kesenirupaan;

Abillity of work field

  1. To identify the characteristics of learners from the physical, psychological, social and cultural aspects for the interest of art learning;
  2. To provide services to students in art learning in accordance with their characteristics;
  3. To develop the potential of learners in art learning optimally;
  4. To choose approaches and models of learning, teaching materials, and assessment for the interest of art learning;
  5. To implement information and communication technology (ICT) in planning, organizing learning process, learning evaluation and management of art learning;
  6. To improve the quality of learning based on process and outcomes learning assessments;
  7. To develop a safe, fun, and challenging learning environment for students to be creative in art learning;
  8. To develop art education curriculum in accordance with the task field;
  9. To apply the concept and principles of didactic pedagogical skills as well as the science skills to plan art learning by utilizing science and technology on life skills;
  10. To apply the concept and principles of didacticpedagogical skills of artistry as well as scholarly knowledge to implement an innovative learning by utilizing science and technology which is oriented to life skills;
  11. To apply the concept and principles of didacticpedogogical skills as well as the science skills to conduct evaluation by utilizing science and technology which is oriented on life skills;
  12. To design and conduct research, report and publish the results, so that it can be used as an alternative problem solving in the field of artistry skills education;

 

Pengeuasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan;
  2. Menguasai teori belajar dan pembelajaran;
  3. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
  4. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran keterampilan khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill);
  5. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman;
  6. Menguasai konsep keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan Tingkat Ssekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), serta lembaga kursus Seni;
  7. Menguasai konsep keterampilan yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya;
  8. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis keterampilan serta keilmuan keterampilan untuk merencanakan pembelajaran berbasis IPTEKS;
  9. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis kererampilan serta keilmuan keterampilanuntuk melaksanaan pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS;
  10. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis keterampilan serta keilmuan keterampilan untuk melakukan evaluasi berbasis IPTEKS;
  11. Menguasai metodologi penelitian pendidikan keterampilan (Peneliti);
  12. Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik (Edupreneur);
  13. 13. Memiliki pengetahuan manajemen. (Edupreneur).

Knowledge

  1. To master the concepts, instrumentation, and praxis of educational psychology;
  2. To master the theory of teaching and learning;
  3. To master the purpose, content, learning experience, and assessment in the educational unit curriculum;
  4. To master the concepts, principles, and application of various skills of learning methods especially those wich are related to life-oriented (life skills);
  5. To deepen the field of study in accordance with the environment and development of the era;
  6. To master the concept of skills needed to implement the learning process in Junior High School (SMP), Vocational High School (SMK) and Senior High School (SMA) units, as well as Art Institute courses;
  7. To master the concept of skills needed for to the next or higher level of study;
  8. To master the concept and principle of didactic-pedagogical skills as well as the science skills to plan the learning based on science and technology;
  9. To master the concept and principles of didactic-pedagogical skills and knowledge skills to implement the innovative learning based on science and technology;
  10. To master the concept and principle of didactic-pedagogical skills as well as the science skills to perform the evaluation based on science and technology;
  11. To master the research methodology of education skills (Researcher);
  12. To have the basic knowledge of entrepreneurship and public communication skills (Edupreneur);
  13. To have management knowledge. (Edupreneur).

Penguasaan manajerial

  1. Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan keterampilanpendidikan seni rupa berdasarkan informasi dan data yang relevan;
  2. Mampu mengelola sumber daya pendidikan keterampilan, organisasi, dan mengkomunikasikan hasil pengelolaannya secara bertanggung jawab kepada pemangku kepentingan;
  3. Mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan masyarakat baik lokal, nasional, regional, maupun intenasional;
  4. Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan keterampilan pendidikan seni rupa berdasarkan analisis informasi dan data (edupreuner).

Manajerial mastery

  1. To able to make strategic decisions in the field of art education based on relevant information and data;
  2. To be able to manage the skills education resources, organization, and communicate the results of its management responsibly to the stakeholders;
  3. To be able to communicate and adapt to the work environment and the community whether local, national, regional, or international;
  4. To be able to make the right decision in the field of art education based on information and data analysis (edupreuner).

 

Sikap khusus

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. erperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman seni budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. ekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik;
  12. Menginternalisasi sikap peduli, amanah, gigih, dan inovatif.

 

 

Special attittude

  1. To be cautious to Almighty God and able to show a religious attitude;
  2. Upholding the value of humanity in performing the tasks based on religion, morals, and ethics;
  3. To contribute to the improvement of the quality of life of society, nation, state, and the progress of civilization based on Pancasila;
  4. To behave as a proud citizen and love of the homeland, has a nationalism and a sense of responsibility to the state and nation;
  5. To appreciate the diversity of cultural arts, views, religions, and beliefs, as well as the original opinions or others' findings;
  6. To work together and have social sensitivity as well concerning the community and environment;
  7. To obey the law and discipline both in the social and state life;
  8. Internalizing the academic values, norms, and ethics;
  9. To demonstrate the responsible attitude towards the work on his / her own field of expertise;
  10. To internalize the spirit of independence, striving, and entrepreneurship;
  11. To understand him / herself as an educator fully;

12. To internalize the attitude of caring, trusting, persistent, and innovative.

  • Akademik
  • Humas