Secondary Nav

Menu

Pendidikan Seni Rupa

PENDIDIKAN SENI RUPA (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 1074/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015


Drs. Suparman, S.Pd., M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Seni Rupa

PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Universitas PGRI Adi Buana
S2 Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli 

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Seni Rupa

UNIT KERJA:
Pendidikan Seni Rupa

 


Sepbianti Rangga Patriani, S.Pd., M.Sn.
Kepala Laboratorium Seni Rupa

PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Universitas Negeri Makassar
S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Tenaga Pengajar 

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Seni Rupa

UNIT KERJA:
Lab. Seni Rupa

 

Progam Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Srubaya berdiri sejak 1984, namun Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 47/D/0/1998 Jurusan Pendidikan Seni Rupa menjadi Progam Studi Pendidikan Seni Rupa dan menyatu dalam fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Seni Rupa, mahasiswa mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan:1) Seni Kriya yang merupakan bidang seni rupa tiga dimensi yang bias diolah menjadi berbagai kreasi benda fungsi dan dapat diproduksi missal; 2) Sendratasik yang merupakan  pengembangan media Seni Rupa yang semula hanya pada seni lukis, patung, grafis, dan desain, berkembang menjadi seni rupa instalasi dan Seni Rupa gerak, yakni film, video art atau performance art; 3) Pendidikan sdalam ruang linkup pendidikan Seni Rupa.

VISI

  • Menjadikan Sarjana Pendidikan Seni Rupa  yang unggul di Jawa Timur, berjiwa kewirausahaan serta berkarakter Peduli Amanah Gigih Inovatif (PAGI) pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran seni rupayang mengacu pada ketercapaian potensi dan kompetensi mahasiswa dalam aspek kepribadian, keilmuan, keterampilan, serta mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran berbasis Tekonologi Informasi .
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang
  3. ilmu Pendidikan Seni Rupa Berkarakter PAGI.
  4. Melaksanakan kurikulum berdasarkan KKNI.
  5. Meningkatkan kualitasdan kuantitas sumber daya manusia sesuai kebutuhan.
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pembelajaran.
  7. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kondusif.
  8. Melaksanakan pendidikankewirausahaan dalam bidang ilmu pendidikanseni rupa yang kreatif, inovatif, dan bermanfaat.
  9. Menjalin kerja sama dengan instansi terkait untuk meningkatkan kompetensi danjejaring sosial dalam bidang ilmu pendidikan seni rupa.     

TUJUAN

       1. Menghasilkan  sarjana pendidikan seni rupa  sebagai tenaga pendidik yang mengacu pada ketercapaian potensi dan kompetensi 
           mahasiswa dalam aspek kepribadian, keilmuan, keterampilan, serta mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran 
           berbasis  Tekonologi Informasi .
       2. Mampu mengaplikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan kesenirupaan melalui pengabdian kepada masyarakat Berkarakter 
           PAGI.
       3. Mampu melaksanakan kurikulum berdasarkan KKNI dalam pembelajaran.
       4. Mampu Meningkatkan kualitasdan kuantitas sumber daya manusia sesuai kebutuhan.
       5. Mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pembelajaran.
       6. Mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kondusif.
       7. Mampu Melaksanakan pendidikankewirausahaan dalam bidang ilmupendidikanseni rupa yang kreatif, inovatif, dan bermanfaat.
       8. Mampu Menjalin kerja sama dengan instansi terkait untuk meningkatkan  kompetensi dan  jejaring sosial dalam bidang ilmu
                    pendidikan seni rupa.

.FASILITAS

Pendidikan Guru Seni Rupa Unipa Surabaya ditunjang oleh; Studio Patung, Studio Batik, Studio Lukis, Studio Keramik, Studio Komputer, Ruang Kuliah, Galeri Karya, dan Ruang Baca Seni Rupa.

KERJASAMA

Kemudian, untuk pengembangan wawasan kesenirupaan, progam studi pendidikan Seni Rupa, FKIP-UNIPA, melakukan progam-progam kerjasama dalam bentuk pelatihan-pelatihan, peneletian-penelitian, dan pengembangan wawasan kesenirupaan yang beragam dengan perguruan tinggi seni yang lain seperti Institut Teknologi Bandung. Selain itu, juga progam-progam kerjasama dengan komunitas-komunitas seniman dari berbagai kota, termasuk studio-studio grafis, fotografi, rumah-rumah produksi film dan video, Taman Budaya Surabaya, Sekolah Mitra SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya, Dewan Kesenian Jawa Timur, SOZO Art, Surabaya, Sekolah Menengah Seni Rupa Surabaya salam bentuk pameran-pameran karya bersama, studi banding dan workshop untuk kepentingan pengembangan keterampilan proses kekaryaan.

PROSPEK LULUSAN

Mahasiswa lulusan Pendidikan Seni Rupa dapat digolongkan menjadi lima bagian:

  1. Meneruskan jenjang pendidikannya lebih tinggi ke arah Strata 2/S-2 dan S-3
  2. Bekerja sebagai tenaga edukasi di Sekolah Menengah Atas dan kejuruan, Sanggar, Lembaga Kursus Seni Rupa dan tenaga-tenaga kreatif
  3. Berkiprah secara wiraswasta/mandiri dalam bidang kerajinan patung, keramik, seni lukis, seni grafis murni, fotografi, desain komunikasi visual/desain grafis, dekorasi, percetakan
  4. Bekerja atau berkerjasama di instansi pemerintah yang berkaitan dengan disiplin ilmu seni rupa
  5. Berkaja pada pihak swasta seperti dekorasi untuk pertelevisian, film/production house, event organizer, penerbitan dan agensi periklanan