Secondary Nav

Menu

Pendidikan Bahasa Inggris

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS  (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 1159/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015


Dr. Dra. Siyaswati, M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Muhammadiyah Surabaya
S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya
S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa Inggris

UNIT KERJA:
Pendidikan Bahasa Inggris

 


Fajar Susanto, S.S., M.Pd.
Kepala Laboratorium Bahasa PBI

PENDIDIKAN:
S1 Sastra Inggris Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa Inggris

UNIT KERJA:
Lab. Bahasa Inggris

 

Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu progam studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berdiri sejak 1985 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 012/0/1990. Progam studi ini memiliki komitmen untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan berbahasa Inggris, merancang, penelitian dan mengembangkan pembelajaran berbasis TI, serta mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam pembelajaran secara profesional.

 

VISI

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut: Menjadi program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul dan menghasilkan pendidik yang berkarakter peduli, amanah, gigih, dan inovatif

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris inovatif untuk mencapai kompetensi pendidik yang mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran berbasis TI.
  2. Melaksanakan penelitian inovatif dengan gigih dan meningkatkan kepedulian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. 
  3. Melaksanakan Kurikulum Berdasarkan KKNI.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia secara konsisten.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana kependidikan.
  6. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif untuk mencapai kompetensi pendidik.
  7. Melaksanakan pendidikan kewirausahaan yang terkait dengan  Bahasa Inggris secara kreatif.
  8. Membangun kerja sama dengan berbagai pihak (regional, nasional, internasional) yang menunjang peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

TUJUAN

Menjadikan lulusan memiliki 4 kompetensi dasar yang meliputi

  1. Kompetensi pedagogik, yaitu kompetensi dalam mengelola pembelajaran yang mencakup pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksana pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik. Kompetensi ini merujuk kepada kemampuan mengajarkan Bahasa Inggris yang dideskripsikan dalam kompetensi dasar, yakni menguasai Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris dan terampil mengajarkan Bahasa Inggris dan mengevaluasi hasil pembelajarannya.
  2. Kompetensi kepribadian, yaitu kompetensi kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Kompetensi ini tercakup dalam kelompok Mata Kuliah Wajib Umum yang merupakan Mata Kuliah Dasar Keguruan (MKDK) yaitu Dasar Dasar Kependidikan, Profesi Keguruan, Perkembangan Peserta Didik dan Mata Kuliah Umum (MKU) seperti Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta Bahasa Indonesia
  3. Kompetensi profesional, yaitu kompetensi dalam hal penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan lulusan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Kompetensi ini merupakan kompetensi penguasaan dan kemampuan berbahasa Inggris yang dideskripsikan kedalam kompetensi dasar a) mahir berbahasa Inggris (Language Skills), b). menguasai ilmu kebahasaan (Linguistics subjects), dan c) menguasai ilmu kesastraan (Literature subjects).
  4. Kompetensi sosial, yaitu kompetensi sebagai bagian dari masyarakat sekolah untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan  peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat luas. Disamping itu, kompetensi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat juga dikembangkan. 

FASILITAS

Sebagai penunjang praktek dan pembelajaran, Progam Studi Bahasa Inggris dilengkapi dengan laboratorium multimedia bahasa, laboratorium ICT (Information Communication and Technology), ruang kelas ber LCD, perpustakaan Prodi dan self acces.

KERJA SAMA

Dalam pengembangan pemelajaran, Progam Studi Bahasa Inggris sampai saat ini bekerjasama dengan Masyarakat Linguistik Indonesia, Balai Bahasa Surabaya, Sekolah Mitra, RELO (Regional English Language Office) Kedutaan Besar Amerika Serikat, Institute of Teacher Education – Internasional Languages Campus Kuala Lumpur Malaysia dan ISTAVIN Singapore, dan EEC (Easy English Course).

PROSPEK LULUSAN

Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggeis yang memiliki kompetensi keilmuan bahasa Inggris yang profesional di tingkat SMP dan SMA serta memiliki keahlian kewirausahaan di bidang English Language Training Management ( Manajemen dalam bidang Pelatihan Bahasa Inggris ), dan profesi lain seperti; guide, tour leader, banking, business, English secretary, public speaker, translator, interpreter, dan pengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak (TEYL- Teaching English to Young Learners)

  • Akademik
  • Humas